Senin, 19 Agu 2019 14:11 WIB

Chipset Kirin 990 Akhirnya Dukung Rekam Video 4K 60fps

Rachmatunnisa - detikInet
Huawei P30 Pro. Foto: Rachmatunnisa/detikINET Huawei P30 Pro. Foto: Rachmatunnisa/detikINET
Jakarta - Kehadiran P20 Pro di tahun lalu dan P30 Pro di tahun ini, Huawei memamerkan inovasi kameranya yang menuai pujian, untuk hasil foto. Namun untuk urusan video, kamera flagship Huawei dinilai masih belum memuaskan.

Salah satu alasannya, karena chipset Kirin 970 dan Kirin 980 memang belum mendukung video 4K 60fps, sebuah fitur yang banyak diharapkan pengguna dari sebuah smartphone yang kamera sentris.

Hal ini pun diakui Huawei sendiri. Di pertemuan dengan media se-Asia Pasifik dalam rangkaian acara peluncuran P30 Pro Maret 2019 lalu, Vice President of Huawei CBG Smartphone Product Changzhu Li menyebutkan Huawei tidak bisa menjadi yang terbaik dalam segala hal, namun mereka terus meningkatkan kemampuan kameranya.




"Dalam sejumlah kasus, kami tidak bisa menjadi yang terbaik di semua area. Misalnya untuk (kemampuan) video. Namun konsumen juga harus mempertimbangkan ada protokol pengujian dan banyak variabel untuk menang, seperti kemampuan low light, zoom dan lainnya," urainya.

Pernyataan Li saat itu menanggapi salah satu pertanyaan awak media apakah Huawei dan Leica akan berinvestasi juga dalam pengembangan kualitas video?

Berdasarkan pengujian DxOMark, Huawei P30 Pro yang menggunakan chipset Kirin 980, punya skor keseluruhan 112. Untuk kemampuan foto, skornya tinggi yakni di angka 119. Sementara untuk videonya 97.

"Tentu saja, saya jamin (akan ada pengembangan untuk kualitas video)," yakin Li saat itu.

Pernyataannya sekitar 5 bulan lalu itu kemudian terkonfirmasi dengan kabar terbaru mengenai Kirin 990. Seperti dikutip dari situs Neowin, Senin (19/8/2019), Huawei mengonfirmasi bahwa Kirin 990 akan mendukung kemampuan rekam video 4K 60fps.

Kemampuan ini akan mulai dibenamkan pada kamera di ponsel seri Mate 30. Jadi, buat kalian para penggemar gadget Huawei, nantinya tak perlu lagi memilih opsi resolusi tinggi dan frame rate.

Fungsi rekam video 4K 60fps menjadi penting karena hampir semua flagship yang menjadi kompetitor Huawei sudah menawarkannya. Hal ini juga ikut mendongkrak standar kualitas hasil rekam video yang didambakan pengguna smartphone, terutama di kalangan para kreator konten.




Apple menjadi yang pertama menawarkan kemampuan ini pada 2017 lewat iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Menyusul selanjutnya, Qualcomm memperkenalkan dukungan rekam video 4K 60 fps di Snapdragon 845, dan dibenamkan oleh Samsung pada sebagian seri Galaxy S9 yang dirilis 2018.




Simak Video "Ini Fungsi Empat Kamera Yang Dimiliki Huawei P30 Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/krs)