Jumat, 09 Agu 2019 11:32 WIB

'Pemakai Android Lebih Suka Tombol Navigasi Dibanding Gesture'

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Navigasi gesture. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Navigasi gesture. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Setelah merilis Android Q final beta, Google menjelaskan mengapa mereka mengubah kontrol navigasi gesture di sistem operasinya yang terbaru itu.

Dalam sebuah postingan di Android Developer Blog, Google menyebut perpindahan ke navigasi menggunakan gesture membuat mereka bisa menyediakan lebih banyak tempat di layar untuk aplikasi, yang memberikan pengalaman lebih imersif.

'Pengguna Android Lebih Suka Tombol Navigasi Dibanding Gesture'Foto: Google

Namun masalahnya selama ini adalah Google tetap menyediakan tombol back pada bagian kiri bawah layar untuk melengkapi sistem navigasi gesturenya. Dan Google pun menjelaskan kenapa mereka masih menyediakan tombol tersebut.

"Kami memprioritaskan tujuan ini dibanding tombol navigasi lainnya yang jarang dipakai seperti drawer dan recent (apps)," tulis Product Manager Android UI Allen Huang dan Rohan Shah di postingan tersebut.


Keputusan itu diambil Google setelah meriset bagaimana penggunaan ponsel oleh para penggunanya. Seperti melihat bagian mana yang paling sering dipakai pengguna di ponselnya.

"Kami membuat banyak prototipe yang kami uji menggunakan berbagai faktor, seperti keinginan, kecepatan penggunaan, ergonomi, dan lainnya. Kami menguji desain finalnya menggunakan banyak studi -- seperti seberapa cepat pengguna bisa mempelajari sistemnya, seberapa cepat pengguna bisa terbiasa dengan sistemnya, dan bagaimana pendapat pengguna mengenai hal ini," tulisnya.

Google pun memposting gambar 'heat map' dalam blog tersebut untuk menunjukkan area mana yang bakal nyaman digunakan untuk menggunakan gesture ketika memakai ponsel dengan satu tangan.

'Pengguna Android Lebih Suka Tombol Navigasi Dibanding Gesture'Foto: Dok. Google

Dalam postingan itu pun Google memperlihatkan rating ergonomi dari sejumlah navigasi Android yang ada. Dari situ terlihat kalau rating navigasi menggunakan tiga tombol yang sudah ada sejak lama itu masih yang paling tinggi, meskipun hanya selisih sedikit dibanding navigasi gesture ala Android Q.

'Pengguna Android Lebih Suka Tombol Navigasi Dibanding Gesture'Foto: Dok. Google

Namun di sisi lain, pengguna meyakini kalau gesture adalah cara terbaik untuk menggunakan ponsel dengan satu tangan. Hal itu terlihat dari data milik Google yang menyatakan kalau navigasi ala Android Q membantu pengguna menyelesaikan sesuatu hal lebih cepat ketimbang metode lain.

'Pengguna Android Lebih Suka Tombol Navigasi Dibanding Gesture'Foto: Dok. Google





Simak Video "OPPO hingga Samsung Bisa Nikmati Android 10"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)