Kamis, 08 Agu 2019 18:02 WIB

Masuk Versi Beta Terakhir, Android Q Sudah di Depan Mata

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ponsel Android. Foto: Reuters Ponsel Android. Foto: Reuters
Jakarta - Sistem operasi (OS) Android Q sudah memasuki versi beta yang terakhir. Artinya, tak perlu lama lagi untuk menunggu perilisan OS besutan Google tersebut ke publik.

"Hanya beberapa minggu lagi kami merilis Android Q! Saat ini kami memolesnya untuk yang terakhir dengan meluncurkan Beta 6," ujar Google, dikutip dari blog resmi Android Developers, Kamis (8/8/2019).

Android Q beta 6 ini menghadirkan sejumlah pembaruan yang mencakup sistem Android Q yang terakhir untuk Pixel dan Android Emulator, API 29 SDK final, serta alat bantu pembangunan yang diperbarui untuk Android Studio.


Perubahan paling penting yang dibuat Google dalam versi beta terbaru adalah untuk memperbaiki navigasi gestur di OS generasi ke-10 ini.

"Beta 6 mencakup semua fitur, perilaku sistem, dan developer API yang akan Anda temukan di platform terakhir, sehingga memberi Anda yang dibutuhkan untuk menyiapkan aplikasi. Sementara untuk pengguna, Beta 6 mencakup banyak perbaikan dan optimasi baru," kata Google.

Seiring sudah memasuki beta tahap final, Google mewanti-wanti kepada para developer untuk memastikan aplikasi buatannya telah siap sebelum OS Android Q resmi melenggang.



"Ambil kesempatan ini untuk menyelesaikan pengujian Anda dan segera mempublikasikan pembaruan aplikasi Anda untuk memberi pengguna transisi yang lancar ke Android Q," sebutnya.

Google juga merekomendasikan kalau aplikasi-aplikasi tersebut sudah mendukung tema gelap, navigasi gestur, dan dapat diterapkan di ponsel layar lipat yang diprediksi jadi tren di masa depan.

Simak Video "Google Pengin Lebih Banyak Pekerjakan Karyawan Perempuan "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)