Kamis, 08 Agu 2019 03:03 WIB

Laporan dari New York

Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ Resmi Dirilis

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: detikINET/Kris Fathoni W Foto: detikINET/Kris Fathoni W
New York - Seri Samsung Galaxy Note 10 resmi dirilis secara global. Dua smartphone pada seri ini, yakni Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+, diperkenalkan secara bersamaan.

Acara peluncuran global seri Samsung Galaxy Note 10 ini dilakukan di Barclays Center, Brooklyn, New York, Rabu (7/8/2019) sore waktu setempat, atau Kamis (8/8/2019) dini hari WIB, yang turut dihadiri jurnalis berbagai negara termasuk detikINET.


Peluncuran seri Galaxy Note kali ini terbilang istimewa karena Samsung sekaligus memperkenalkan lebih dari satu ponsel pada seri itu. Galaxy Note 10, dengan display 6,3 inch, ditemani oleh Galaxy Note 10+ yang memiliki ukuran display sedikit lebih besar dengan 6,8 inch.

Satu pembeda dari kedua Galaxy Note anyar ini tampaknya adalah bahwa Galaxy Note 10 akan lebih ditawarkan buat menggoda para pengguna baru, sedangkan versi Galaxy Note 10+ mengiming-imingi tambahan keunggulan performa dan fitur untuk para loyalis dari seri tersebut.

Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ Resmi DirilisGalaxy Note 10 (kiri) dan Galaxy Note 10 Plus (kanan)Foto: Kris Fathoni W/detikINET
Untuk seri Galaxy Note 10 di pasar global ditenagai oleh prosesor Exynos 9825 dengan pabrikasi 7nm. Sementara khusus di China dan Amerika Serikat dimodali prosesor Snapdragon 855

Sebagaimana rumor yang sudah beredar sebelumnya, seri Galaxy Note 10 turut menawarkan pembaruan pada sektor S-Pen. Ada sejumlah kecanggihan tambahan yang dibenamkan di dalamnya.

Stylus itu kini antaranya bisa membantu pengguna dengan mudah mengubah warna font huruf pada tulisan dan mengekspor format tulisan ke Word, PDF, dan text. Ada pula gestur gerak, yang disebut Samsung sebagai Air Actions.

Nama serupa juga sudah muncul di Galaxy Tab S6, yang membuat S-Pen jadi bagaikan "tongkat sihir Harry Potter" lewat beragam fungsi tambahan seperti scroll foto/video dan mengubah mode fitur fotografi, cuma lewat gerakan tangan seraya memegang S-Pen. Waktu standby S-Pen diklaim sampai 10 jam.

Kemampuan S Pen di Galaxy Note 10 makin ditingkatkan kemampuannyaKemampuan S Pen di Galaxy Note 10 makin ditingkatkan kemampuannya Foto: Kris Fathoni W/detikINET
Berkat Samsung Dex, seri Galaxy Note 10 juga mampu memindahkan file ke PC secara lebih mudah lewat drag & drop, dan ponsel pun tetap bisa dipergunakan seperti biasa. Konektivitas antara PC dan smartphone juga dijanjikan lebih ringkas dalam melakukan mirroring atau menampilkan pesan, notifikasi, dan pemberitahuan panggilan.

Tak cuma itu, seri Galaxy Note 10 turut berusaha mengakomodir gamer. Hadirlah vapor chamber tipis dan AI booster yang akan menyesuaikan performa ponsel dengan game yang dimainkan. Sebagai penunjang segudang aktivitas pengguna, Galaxy Note 10 memiliki baterai 3.500 mAh sedangkan Note 10+ punya baterai 4.300 mAh.

Bagaimana dengan spesifikasi Galaxy Note 10 selengkapnya? Tunggu berita berikutnya.

Simak Video "Ini Harga Seri Samsung Galaxy Note 10 di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/afr)