Selasa, 06 Agu 2019 18:36 WIB

Mengenal Teknologi AI di TV OLED LG

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. LG Foto: Dok. LG
Jakarta - TV berpanel OLED LG keluaran 2019 ternyata dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI). Kecerdasan buatan (artificial intelligence - AI) pada TV OLED LG 2019 ini berpusat pada penggunaan prosesor cerdas berjuluk α (Alpha) 9 Gen 2 yang tersedia di seri TV W9 dan C9.

AI di sini mempunyai algoritma khusus berkemampuan deep learning yang memberi dukungan peningkatan di sisi audio dan visual, yang gunanya untuk meningkatkan pengalaman sinematik secara menyeluruh.

Prosesor Alpha Gen 2 ini mampu mengenali berbagai kualitas konten asal untuk kemudian bekerja dengan pilihan metode terbaik dalam mengoptimalkan tayangan pada layar. Hal ini membuat setiap tayangan pada TV OLED terbaru LG ini tampil dengan kualitas warna paling optimal.


Di lain sisi, dengan sensor khusus, prosesor pun mampu mengukur tingkat pencahayaan sekitar ruang sebagai dasar mengoptimalkan kecerahan layar dan perbaikan detail gambar pada bagian yang dibutuhkan.

Kemampuan mengoptimalkan tingkat kecerahan yang berbeda menyesuaikan dengan pengaturan pencahayaan ini pun hadir saat memainkan konten High Dynamic Range (HDR). Sebagai pendukungnya, LG tetap mempertahankan teknologi Dolby Vision dalam jajaran TV terbarunya ini.

Pada sektor audio pun, pemanfaatan AI memberikan peningkatan pengalaman audio yang lebih baik. Salah satunya dengan tawaran nuansa bunyi lebih kaya lewat peningkatan secara virtual sistem audio 5.1 surround sound dari sistem audio 2.1 miliknya.

Di samping itu, kecerdasan buatan pun memberinya kemampuan mengidentifikasi bunyi berdasarkan ragam konten untuk kemudian memicunya bekerja mereproduksi bunyi paling optimal sesuai kebutuhan. Hasilnya, selain mampu menghadirkan efek suara lebih dramatis pada tayangan film aksi, TV OLED LG terbaru ini juga memberikan suara vokal penyanyi yang terdengar lebih jelas untuk genre tayangan musik.

Simak Video "Melihat Kecanggihan Panel OLED dari LG yang Futuristik"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)