Selasa, 06 Agu 2019 16:40 WIB

HTC dan Xiaomi Terancam Diblokir di Inggris, Kenapa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Calon pembeli beberapa model ponsel HTC dan Xiaomi di Inggris sepertinya bakal kesulitan untuk membeli sejumlah seri dari ponsel tersebut, karena penjualannya saat ini sedang dihentikan. Apa penyebabnya?

Ponsel HTC yang penjualannya dihentikan itu adalah Desire 12, Desire 12 Plus, atau Desire 12s, sementara ponsel Xiaomi yang dimaksud adalah Mi Mix 3. Empat ponsel tersebut dilarang dijual karena terlibat dalam kasus pelanggaran paten milik IPCom.

Tiga ponsel HTC itu sebelumnya sudah terbukti melanggar paten milik perusahaan manajemen properti intelektual dan lisensi paten tersebut. Parahnya, HTC tak mematuhi persetujuan yang sebelumnya sudah tercapai antara kedua pihak.

Kasusnya sendiri bermula pada 2012, yaitu saat IPCom menggugat HTC ke pengalidan dengan tudingan pelanggaran Patent 100A miliknya. Paten tersebut berisikan teknologi yang mengatur bagaimana sebuah perangkat terhubung ke jaringan, memprioritaskan panggilan darurat, lainnya.


Pengadilan mengabulkan gugatan IPCom dan HTC sendiri sudah menyetujui putusan pengadilan, dan akan mengikuti putusan tersebut agar tetap bisa menjual ponselnya itu, demikian dikutip detikINET dari Techradar, Selasa (6/8/2019).

Namun pada 2019 ini HTC tak lagi mengikuti putusan pengadilan itu di Desire 12 dan tampaknya juga di sejumlah ponsel buatannya yang lain. Hal itulah yang menyebabkan pabrikan asal Taiwan itu tak bisa lagi memasarkan ponselnya di Inggris.

Selain HTC, IPCom baru-baru ini juga menemukan kalau Mi Mix 3 menggunakan paten tersebut tanpa izin. Mereka pun mendaftarkan gugatannya di UK High Court yang menuntut Xiaomi membayar sejumlah biaya untuk penggunaan paten tersebut.

"Kami tengah berdiskusi dengan tim Xiaomi dan berharap bisa menyelesaikan masalah ini tanpa perlu berakhir seperti HTC," ujar Pio Suh, MD di IPCom.

Simak Video "''Membumi'' Jadi Kunci Xiaomi Gaet 24 Juta Pengguna di Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)