Jumat, 02 Agu 2019 17:07 WIB

Pengapalan Tablet Diprediksi Membaik, Apa Penyebabnya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pengapalan tablet secara global diperkirakan akan meningkat sebesar 19,3% pada Q3 2019 mendatang. Apa penyebabnya?

Pengapalan tablet sendiri mengalami penurunan sebesar 8,7% pada Q2 2019 dibandingkan pada kuartal sebelumnya, dan menurun 11,9% dibanding kuartal yang sama setahun sebelumnya. Ada dua faktor yang diperkirakan akan membuat pengapalannya meningkat pada Q3 2019.

Pertama adalah kehadiran iPad anyar dari Apple yang diperkirakan akan hadir pada September mendatang, dan diprediksi akan menggenjot penjualan tablet. Lalu faktor keduanya adalah Huawei, yang diperkirakan pengapalan tabletnya akan normal pada kuartal tersebut.

Buruknya performa penjualan tablet pada Q2 disebut juga karena alasan yang serupa. Yaitu tak adanya iPad baru, serta Huawei masih berada dalam daftar pemblokiran oleh pemerintah AS, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Jumat (8/2/2019).




Meski begitu, Apple tetap menjadi perusahaan dengan penjualan tablet terbesar, dengan Samsung dan Amazon di peringkat selanjutnya. Huawei sendiri merosot ke posisi ke-4, dan Lenovo kembali ke posisi ke-5.

Namun performa ini diperkirakan akan berubah sedikit pada Q3 2019. Apple dan Samsung diperkirakan akan tetap berada di posisi puncak sementara Lenovo akan merangsek ke posisi ke-3, dan Amazon akan merosot ke posisi ke-4 karena penjualannya diperkirakan melemah setelah promosi July Prime Day, dan Huawei sendiri diperkirakan akan turun ke posisi ke-5.

Tablet yang bakal menguasai pasar diperkirakan adalah tablet dengan ukuran 10 inch, dengan market share lebih dari 70%. Lalu tablet dengan layar sentuh in-cell akan terus naik menggantikan tablet dengan layar sentuh glass-film, dengan market share 36%.




Simak Video "Saat Pasar Tablet Lesu, Advan Justru Melihat Peluang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)