Selasa, 30 Jul 2019 20:00 WIB

MediaTek Umumkan Prosesor untuk Gaming

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: MediaTek Foto: MediaTek
Jakarta - MediaTek memperkenalkan prosesor mobile terbarunya. Menariknya, prosesor tersebut diperuntukkan bagi gaming.

Helio G90 dan Helio G90T, dua Sistem on Chip (SoC) yang dihadirkan perusahaan semikonduktor asal Taiwan itu. Keduanya dibuat dengan fabrikasi 12nm FinFET.




Memiliki delapan inti yang mengombinasikan Cortex A-76 dan Cortex A55 dengan kecepatan hingga 2,05GHz, serta L3 cache yang besar. SoC ini turut mendukung RAM LPDDR4 hingga 10 GB dan penyimpanan UFS 2.1.

MediaTek turut menyematkan GPU Mali-G76 3EEMC4 dengan kecepatan 800 MHz. GPU ini mendukung resolusi layar 2.520 x 1.080 pixel.

Dipadukan dengan teknologi HyperEngine menghadirkan fitur Dual-WiFi yang memungkinkan pengguna terkoneksi dengan dua band terpisah secara bersamaan. Selain ada Rapid Response Engine untuk input sentuh yang akurat dan bebas lag.

MediaTek Umumkan Prosesor untuk GamingFoto: mediatek

Fitur Call and Data Concurrency akan menghadang panggilan masuk agar tidak mengganggu saat bermain game. Picture Quality Engine yang mendukung HDR 10, frame rate yang cepat dan halus, sera latensi rendah sehingga tidak membuat boros daya.

Helio G90 Series mendukung kamera utama 64 MP dan 48MP. Serta dukungan kamera ganda 24 MP + 16 MP, Night Mode dan preview real time.

Untuk koneksi SoC ini dibekali mode Cat-12 LTE WorldMode dengan kecepatan download mencapai 1 Gbps. Mendukung dual 4G, VoLTE dan ViLTE. Tidak sampai di situ, modem tersebut mendukung 3X carrier aggregation, 4x4 MIMO dan Bluetooth 5.0.

AI turut disertakan dalam Helio G90 Series. Adanya teknologi ini guna mendukung face recognition dan AI camera.




Paling menarik, Helio G90 dan Helio G90T menjadi SoC pertama di dunia yang memiliki dukungan dual wake-up. Dengan teknologi tersebut, chipset akan mendengarkan lebih dari satu kaca pemicu untuk membangunkan asisten virtual.

Meski telah diperkenalkan, MediaTek belum mengungkap kapan ponsel pertama dengan chipset barunya hadir di pasaran.




Simak Video "Inovasi Awal Tahun, GrabFood Luncurkan 7 Fitur Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/krs)