Selasa, 30 Jul 2019 07:10 WIB

Google Pamer Fitur Baru Pixel 4

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: dok. indiashopps.com Foto: dok. indiashopps.com
Jakarta - Google kembali memamerkan Pixel 4. Bila sebelumnya menampilkan wujudnya, kini raksasa pencarian internet itu memperlihatkan fitur anyar di ponsel terbarunya.

Seperti rumor yang beredar, Pixel 4 dibekali fitur face unlock menggunakan sensor inframerah. Memang fitur ini bukan hal yang baru, banyak ponsel yang telah menghadirkannya lebih dulu.


Tapi dengan dibekali chip radar dari Project Soli, akan secara proaktif menghidupkan sensor face unlock untuk membuka ponsel. Project Soli sendiri merupakan teknologi pengontrolan gerakan yang dikembangkan tim Google Advanced Technology and Projects (ATAP) sejak 2015.

"Jadi ketika sensor face unloack dan alogaritma mengenali pengguna, ponsel akan langsung terbuka ketika diangkat, semua dalam satu gerakan," jelas Google.

Face unlock di Pixel 4 akan bekerja di semua orientasi. Nantinya fitur ini bisa digunakan untuk pembayaran dan autentifikasi aplikasi.

Google Pamer Fitur Baru Pixel 4Foto: Google
Pixel 4 juga membawa teknologi pengontrolan berbasis gerakan. Google meletakan radar khusus yang terletak di bezel bagian atas.

Radar tersebut akan memindai gerakan sekecil apapun. Dikombinasikan dengan alogaritma unik sehingga mengenali dan mendeteksi gerakan. Ini memungkinkan pengguna menganti track musik, menunda alarm atau menolak panggilan masuk hanya dengan kibasan tangan.

Keamanan dan Privasi

Kehadiran fitur face unlock yang dibuat Google memang menimbulkan kekhawariran soal keamanan dan privasi. Tapi dipastikan teknologi pengenalan wajah yang digunakan di Pixel 4 diproses pada perangkat, sehingga data gambar tidak akan keluar dari ponsel.

Artinya gambar wajah yang digunakan untuk membuka kunci tidak pernah disimpan atau dibagikan dengan layanan Google lainnya. Data wajah disimpan dengan aman dalam chip keamanan Titan M.

Google Pamer Fitur Baru Pixel 4Sensor di Pixel 4. Foto: google
Hal yang sama dengan sesor data Soli. Semua prosesnya dilakukan di ponsel dan tidak disimpan ataupun dibagikan pada layanan Google lain.

Pixel 4 diprediksi akan hadir Oktober mendatang. Ponsel ini akan ditenagai Snapdragon 855 Plus SoC, RAM 6 GB ddan menjalankan Android Q.



Simak Video "Spesifikasi dan Harga Google Pixel 4"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)