Senin, 22 Jul 2019 19:01 WIB

Asus Rilis ROG Phone II, Pakai Layar 120Hz dan Snapdragon 855+

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Asus ROG Phone 1. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Asus ROG Phone 1. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Asus akhirnya resmi merilis ROG Phone II, sebuah ponsel yang mempunyai layar HDR 10-bit dengan refresh rate 120Hz.

Ponsel ini didesain untuk gamer hardcore ataupun power user Android, dan penggunanya bisa memilih antarmuka stock Android yang mirip Zenfone 6 atau tampilan antarmuka untuk gaming ROG UI.

Layar OLED 6,59 inch-nya punya refresh rate maksimal 120Hz yang bisa diturunkan menjadi 60Hz dan 90Hz serta mendukung HDR 10-bit. Namun kehebatan layarnya tak cuma pada refresh rate, melainkan pada latensi layar sentuhnya, yang hanya 49ms.

Asus mengklaim kalau latensi layarnya ini jauh lebih kencang ketimbang ponsel yang ada di pasaran saat ini. Sebagai perbandingan, Galaxy S10+ punya latensi 87ms, OnePllus 7 pro 85ms, dan bahkan iPhone XS max latensinya 75ms.




Padahal, selama ini latensi layar iPhone selalu lebih kencang ketimbang ponsel Android. Sebagai informasi, latensi layar ini adalah tingkat responsivitas layar terhadap sentuhan.

Untuk mengoptimasi penggunaan refresh rate 120Hz ini, Asus juga bekerja sama dengan sejumlah publisher untuk memproduksi game yang bisa menampilkan frame rate setinggi itu, seperti Tencent dan sejumlah publisher game lain.

Dari segi jeroan, ponsel ini menggunakan prosesor Snapdragon 855 Plus, yang merupakan prosesor flagship anyar Qualcomm untuk perangkat khusus gaming. GPU-nya disebut lebih kencang 15% dibanding pendahulunya, serta mempunyai clock speed maksimal yang lebih tinggi.




Prosesor ini dipasangkan dengan sistem pendingin vapor chamber oleh Asus yang bertujuan untuk menghindari terjadinya throttling yang lazim terjadi saat suhu prosesor melonjak, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (22/7/2019).

ROG Phone II juga mempunyai RAM 12 GB, storage sampai dengan 512 GB, kamera 48 megapixel, dan baterai 6000 mAh yang diklaim bisa bertahan selama 7 jam ketika dipakai bermain PUBG dengan refresh rate 60Hz.

Ada sejumlah aksesoris yang ditawarkan Asus untuk ponsel anyarnya ini, seperti dual-screen TwinView dock, clip-on AeroActive Cooler, serta gamepad anyar bernama Kunai yang bakal membuat ponsel ini mirip dengan Nintendo Switch. Asus belum mengungkap harga ponsel ini, namun menurut pabrikan asal Taiwan ini, harganya tak akan berbeda jauh dengan ROG Phone I yang harganya USD 899 atau sekitar Rp 12,5 juta.



Asus Rilis ROG Phone II, Pakai Layar 120Hz dan Snapdragon 855+


Simak Video "Asus Luncurkan 2 Laptop Kelas Premium Mulai Rp 9 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)