Senin, 15 Jul 2019 13:49 WIB

Huawei Bakal PHK Ratusan Pegawai di AS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: Screenshot YouTube/TechRadar Ilustrasi. Foto: Screenshot YouTube/TechRadar
Jakarta - Huawei disebut tengah bersiap untuk mem-PHK ratusan pegawainya yang berbasis di Amerika Serikat.

Beberapa bulan belakangan ini Huawei memang tengah bermasalah di Negeri Paman Sam itu. Menyusul masuknya Huawei ke dalam daftar hitam perusahaan yang dilarang berbisnis dengan perusahaan AS, ditambah lagi perang dagang antara AS dan China yang belum mereda.

Dilansir Wall Street Journal, Senin (15/7/2019), Huawei bakal memecat ratusan pekerjanya yang ada di bawah payung Futurewei Technologies, yang membawahi sejumlah laboratorium penelitian di AS.


Bagi korban PHK yang berasal dari China, Huawei memberikan opsi untuk kembali bekerja namun lokasinya dipindah ke China. Sejumlah pekerjanya disebut sudah mendapat pemberitahuan mengenai PHK tersebut, dan jumlahnya bakal terus bertambah.

Nasib buruk pegawai Huawei di AS ini tak lepas dari kebijakan pemerintah AS yang terus menyerang perusahaan asal China itu selama beberapa waktu ke belakang. Huawei dianggap sebagai ancaman bagi keamanan nasional.

Akibatnya, Huawei dilarang untuk membeli sejumlah komponen dan software yang dibutuhkan untuk produk buatannya. Meski pemerintah AS sudah sedikit melunak terhadap Huawei, namun sepertinya tak akan berdampak banyak pada bisnis Huawei, terutama di AS.

(asj/krs)