Jumat, 12 Jul 2019 14:40 WIB

Seperti Inikah Wujud Samsung Galaxy Note 10?

Kris Fathoni W - detikInet
Bocoran wujud Samsung Galaxy Note 10 Plus. (Foto: Dok. winfuture.de) Bocoran wujud Samsung Galaxy Note 10 Plus. (Foto: Dok. winfuture.de)
Jakarta - Menjelang waktu rilisnya di awal Agustus, bocoran Samsung Galaxy Note 10 terus bermunculan. Kali ini mengenai wujudnya, termasuk model Galaxy Note 10 Plus.

Seri Galaxy Note 10 dari Samsung ini sudah santer diprediksi akan muncul paling tidak dalam dua varian, dengan spekulasi lain menyebut bisa saja tiga atau malah lebih.




Mengenai wujudnya, paling tidak ada situs Winfuture.de yang sudah memberikan gambaran cukup terperinci. Dalam bocoran itu, Samsung Galaxy Note 10 dan Samsung Galaxy Note 10 Plus memperlihatkan tampak depan, belakang, dan samping.

Dari bagian depan, kedua varian Galaxy Note 10 itu memperlihatkan identitasnya sebagai "ponsel layar bolong", dengan punch hole yang lazim diusung smartphone Samsung tahun ini. Kedua tepinya kembali sedikit melengkung, dengan layar AMOLED yang terlihat nyaris tanpa bezel. Stylus S Pen yang menjadi ciri khas Galaxy Note masih setia menemani.

Seperti Inikah Wujud Samsung Galaxy Note 10?Tampak depan Samsung Galaxy Note 10 (kiri) dan Note 10 Plus. (Foto: Dok. winfuture.de)

Menurut laporan yang sudah muncul sebelumnya, Galaxy Note 10 akan memiliki bentang layar 6,3 inch. Sementara Galaxy Note 10 Plus sedikit lebih besar dengan ukuran layar 6,7 inch.

Melongok ke bagian belakang, smartphone ini memperlihatkan perubahan dari yang sebelumnya dan juga perbedaan satu sama lain. Penempatan kamera tak lagi di bagian tengah melainkan secara vertikal di bagian atas kiri perangkat, ditemani dengan penampakan flash LED.

Bocoran itu turut memperlihatkan bahwa tak lagi ada sensor sidik jari di bagian belakang Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus. Fitur itu memang sudah diduga pindah ke bagian depan, tepatnya di bagian bawah layar sebagaimana ditemui pada Galaxy S10.

Seperti Inikah Wujud Samsung Galaxy Note 10?Tampak belakang Samsung Galaxy Note 10 (kiri) dan Note 10 Plus. (Foto: Dok. winfuture.de)

Nah, punggung Galaxy Note 10 Plus juga terlihat memiliki sensor kamera lebih banyak. Dugaan yang muncul adalah itu merupakan sensor Time of Flight (ToF), yang sebelumnya juga muncul pada Samsung Galaxy S10 5G. Selain itu, gambar tampak belakang ini juga menguak adanya opsi warna gradient pada Galaxy Note 10 maupun Galaxy Note 10 Plus.

Tampak samping kedua smartphone ini menguak keberadaan tombol fisik yang berada di sisi kiri. Hal ini cukup bikin penasaran mengingat Samsung biasanya menempatkan tombol volume dan Bixby di sisi kiri, sedangkan tombol power di sisi kanan. Apakah Samsung menghilangkan tombol dedicated Bixby atau malah tombol power? Atau fungsi keduanya kini justru disatukan pada sebuah tombol?

Seperti Inikah Wujud Samsung Galaxy Note 10?Tampak samping Samsung Galaxy Note 10. (Foto: Dok. winfuture.de)

Bocoran gambar ini sendiri tidak memperlihatkan bagian bawah, terkait dengan dugaan raibnya port jack audio pada Galaxy Note 10. Perangkat itu sendiri akan dirilis Samsung pada tanggal 7 Agustus. Bukan tak mungkin bocoran-bocoran lebih lanjut masih akan bermunculan mendekati hari-H peluncuran smartphone tersebut.





(krs/fyk)