Selasa, 09 Jul 2019 20:00 WIB

Hal-hal yang Mungkin Hadir di Hongmeng-nya Huawei

Kris Fathoni W - detikInet
Bocoran fitur-fitur Hongmeng OS dari Huawei. (Foto: Reuters/Hannibal Hanschke) Bocoran fitur-fitur Hongmeng OS dari Huawei. (Foto: Reuters/Hannibal Hanschke)
Jakarta - Hongmeng OS, sistem operasi buatan Huawei, kian santer saja kabar kemunculannya. Sejumlah hal pun sudah diprediksi bisa diharapkan hadir di dalamnya.

Nama Hongmeng, yang diduga bakal punya nama Oak OS, sejatinya baru mencuat akibat imbas dari rencana restriksi penggunaan Android-nya Google sebagai dampak dari masuknya Huawei ke "entity list" Presiden Amerika Serikat Donald Trump.




Huawei sendiri mengaku memang sudah menggarap sistem operasi sendiri selama beberapa waktu, yang disiapkan sebagai alternatif Android. Tetapi, perusahaan asal China itu sebenarnya masih memprioritaskan Android.

Saat ini Hongmeng santer dikabarkan sudah mulai diuji coba oleh Huawei, kabarnya pada perangkat seri Mate 30. Yang teranyar, sistem operasi itu kabarnya bakal diperkenalkan bulan Agustus depan.


Bagaimana dengan fitur-fiturnya? Nah, GizChina.com memberikan sedikit bocoran seputar hal itu. Beberapa laporan pengguna yang sudah menguji Hongmeng secara umum menyebutnya berdasarkan pada antarmuka EMUI yang kini dipakai Huawei.

"Pertama-tama, dilaporkan bahwa sejumlah fitur pada OS itu tak bisa dipergunakan. Mungkin Huawei memutuskan untuk mengunci fitur-fitur itu atau mungkin masih ingin melakukan penyesuaian lebih lanjut."




Disebutkan pula bahwa pengguna Hongmeng bisa mengkustomisasi sesuai keinginan wujud animasi yang muncul saat smartphone dihidupkan. Ada pula pilihan penyesuaian lebih lanjut pada widget dan lock screen.

"UI-nya juga memiliki ikon-ikon yang sudah didesain ulang dengan lebih banyak animasi, dan transisi lebih cepat dan lebih mulus, panel notifikasi dengan sejumlah perubahan, dan kotak pencarian lebih besar."

GizChina.com menambahkan, paling tidak ada pula mode pengingat saat mendapatkan pesan, nada dering berbeda untuk setiap orang yang menelepon, dan antarmuka yang lebih ringkas dan sederhana di bagian aplikasi kamera dibandingkan dengan pada seri Huawei P30.



Simak Video "Huawei Fokus Ciptakan Earphone Tanpa Kabel"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/afr)