Kamis, 04 Jul 2019 08:59 WIB

Bukti Baterai Bermasalah, MacBook Pro 15 Meleduk

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: PetaPixel Foto: PetaPixel
Jakarta - Apple telah mengumumkan penarikan MacBook Pro 2015 karena baterai bermasalah. Tapi banyak pengguna tidak menghiraukan, padahal laptop berisiko meleduk.

Seperti yang menimpa seorang desainer bernama Steven Gagne pada pertengahan Juni lalu. Mulanya dia merasa MacBook Pro-nya baik-baik saja, tidak ada hal aneh pada laptopnya itu.


Saat dirinya hendak tidur, Gagne dikejutkan dengan suara ledakan. Sontak dia langsung melompat dari kasur dan mencari sumber suara.

Betapa kagetnya Gagne ketika tahu Macbook Pro-nya yang meledak. Sempat muncul api kecil yang mengakibatkan timbulnya asap tebal seisi ruangan.

"Padahal layarnya ditutup, tidak tersambung charger dan dalam mode sleep," cerita Gagne seperti dilansir dari Petapixel, Kamis (4/7/2019).

Nah berkaca dari kasus Gagne, ada baiknya mengikuti himbauan dari Apple. Agar tidak terjadi kasus MacBook Pro 2015 meledak kembali.

Foto: Petapixel
Sebelumnya diberitakan Apple mengumumkan bahwa sebagian laptop MacBook Pro 15 inch mengalami masalah di baterai yang mungkin mengalami overheat dan berisiko mengeluarkan api. Maka, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu melakukan penarikan alias recall.

Laptop yang terkena permasalahan adalah yang berdesain lama, dijual antara bulan September 2015 sampai Februari 2017. Modelnya tertulis sebagai "MacBook Pro (Retina, 15-inch, Mid 2015)" di system settings.


"Keamanan konsumen selalu menjadi prioritas utama Apple dan kami secara sukarela memutuskan untuk menggantikan baterai yang terimbas, gratis," tulis Apple di website.

Untuk menentukan apakah modelnya bermasalah, pemilik MacBook Pro bisa mengeceknya dengan serial number di website suport Apple. Jika terdampak, user dapat mengirim unit ke pusat servis Apple terdekat untuk diganti baterainya.

Bukti Baterai Bermasalah, MacBook Pro 15 Meleduk


Simak Video "Garuda Indonesia Larang Penumpang Bawa MacBook Pro 15 Inci"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)