Dituduh Plagiat Memoji-nya Apple, Apa Kata Xiaomi?

Dituduh Plagiat Memoji-nya Apple, Apa Kata Xiaomi?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Selasa, 02 Jul 2019 06:00 WIB
Mimoji buatan Xiaomi. Foto: Weibo
Jakarta - Baru-baru ini, Xiaomi mengumumkan bahwa pihaknya akan menghadirkan fitur Mimoji di ponsel-ponsel lini CC terbarunya, yang terdiri dari CC9, CC9e, dan CC9 Meitu Custom Edition. Mimoji sendir serupa dengan Animoji milik Apple, AR Emoji kepunyaan Samsung, Qmoji-nya Huawei, dan 3D Omoji buatan Oppo.

Ternyata, tak butuh waktu lama sampai Mimoji Xiaomi itu menarik perhatian. Sayangnya, perhatian yang timbul bentuknya adalah tuduhan bahwa vendor asal China itu menjiplak Apple.




Pasalnya, produsen iPhone juga punya fitur serupa dalam diri Memoji, yang lebih fokus ke wajah penggunanya ketimbang karakter seperti di Animoji. Sudah fiturnya serupa, namanya pun sangat mirip dari segi pelafalan. Tuduhan ini dilayangkan oleh banyak blogger asal Negeri Tirai Bambu.

Mendapat tuduhan seperti itu, Xiaomi langsung bergerak cepat untuk memberikan klarifikasi. Pihaknya memastikan bahwa tidak ada plagiarisme yang dilakukannya terhadap produk dari Apple.

Bahkan, perusahaan yang melahirkan brand Pocophone dan Redmi itu dengan tegas akan mengambil jalur hukum bagi mereka yang masih menyebarkan informasi tak akurat itu. Maka dari itu, Xiaomi meminta bukti bagi siapa pun yang masih melakukan tuduhan tersebut.

General Manager of Public Relations Xiaomi Group, Xu Jieyun, menjelaskan bahwa pihaknya pertama kali meluncurkan fitur ini pada Mei 2018. Dalam Bahasa Inggris, namanya memang Mimoji, sama dengan nama paket APK-nya.




Jieyun menjelaskan, Apple pertama kali memperkenalkan Memoji pada 5 Juni 2018. Pernyataannya memang benar lantaran fitur tersebut hadir ketika Apple meluncurkan iOS 12 pada tanggal tersebut.

Memoji sendiri akan hadir bersamaan dengan rilis CC9 cs pada 2 Juli mendatang. Sebelum kemunculan resminya besok, Xiaomi sudah membagikan beberapa gambar mengenai tampilan dari fitur tersebut. Berikut beberapa di antaranya:

Mimoji buatan Xiaomi.Mimoji buatan Xiaomi. Foto: Weibo
Mimoji buatan Xiaomi.Mimoji buatan Xiaomi. Foto: Weibo
Mimoji buatan Xiaomi.Mimoji buatan Xiaomi. Foto: Weibo
Mimoji buatan Xiaomi.Mimoji buatan Xiaomi. Foto: Weibo


Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(mon/krs)