Senin, 01 Jul 2019 10:59 WIB

Google Garap Fitur Mirip AirDrop di iPhone

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: 9to5Google Foto: 9to5Google
Jakarta - Fitur AirDrop begitu memudahkan berkirim file antar perangkat Apple. Tak mau tertinggal dari kompetitornya, Google tengah menggarap fitur yang sama untuk Android.

Google sebenarnya punya fitur berkirim file bernama Android Beam. Fitur ini menggunakan koneksi NFC untuk bertukar file.




Lantaran proses pertukaran lambat membuat raksasa pencarian internet itu pilih mematikan fitur tersebut di Android Q. Namun mereka tengah menyiapkan penggantinya.

Konon kabarnya fitur baru tersebut bernama Fast Share. Dibuat berdiri sendiri, diklaim lebih cepat dan mudah ketimbang berkirim file lewat File Go.

Google Garap Fitur Mirip AirDrop di iPhoneFoto: 9to5Google


Fast Share memungkinkan pengguna mengirimkan aneka jenis file tanpa menggunakan koneksi internet. Prosesnya menggunakan Bluetooth untuk kedua perangkat terhubung, kemudian transfer file akan menggunakan WiFi.

Menariknya Fast Share tidak hanya bisa untuk mengirimkan file dari Android ke Android, tapi ke Chromebook dan Android Wear.




Saat ini fitur Fast Share bisa dijajal di perangkat Pixel yang menjalankan Android Q Beta. Belum ada informasi kapan Google akan menghadirkannya secara luas.



Tonton juga video Pengguna Android Bakal Icipi iMessage Buatan Google:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Apple Tutup Gate, Ratusan Orang Menginap di Apple Orchard"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)