Minggu, 30 Jun 2019 13:50 WIB

Kabar Terkini Calon Pengganti Android Buatan Google

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Logo Google. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Logo Google. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Setelah cukup lama namanya tak terdengar, kini ada kabar terbaru mengenai Fuchsia. Itu merupakan sistem operasi buatan Google yang bisa jadi suatu waktu dapat menggantikan eksistensi Android.

Raksasa teknologi itu dilaporkan telah meluncurkan situs untuk developer dalam mengembangkan aplikasi di atas ekosistem Fuchsia. Hal ini dinilai akan memberikan pengaruh positif dalam pertumbuhan sistem operasi tersebut.


Dengan adanya situs bagi developer, Google disebut akan terbantu dalam menyebarkan informasi mengenai Fuchsia. Selain itu, para pengembang juga dapat menilai seberapa bagus OS tersebut sekaligus mempelajari seluk beluknya.

Sekadar informasi, bagi yang masih awam dengan Fuchsia, ia tidak menggunakan kernel Linux seperti Android, namun ia memakai microkernel Zircon. Microkernel sendiri merupakan jumlah terkecil dari software yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah sistem operasi.

Hal ini membuat operasi di dalam Fuchsia berbeda ketimbang Android. Meski demikian, para pengembang Android dapat dengan cepat memindahkan aplikasinya ke Fuchsia melalui cross-platform Flutter SDK, sebagaimana detikINET kutip dari Phone Arena, Minggu (30/6/2019).


Satu yang cukup menarik, walau perangkat Fuchsia mungkin baru muncul beberapa tahun mendatang, sistem operasi ini justru sudah bisa dijalankan oleh Honor Play tahun lalu. Hal ini sekaligus membuat Honor Play menjadi perangkat Android komersial pertama yang melakukan uji coba untuk menjalankan Fuchsia.

Menarik untuk ditunggu bagaimana kelanjutan dari Fuchsia nantinya. Terlebih, tahun lalu ada laporan yang menyebut bahwa Fuchsia akan dijalankan di perangkat smartphone dalam kurun lima tahun ke depan untuk menggantikan Android, atau pada 2023 mendatang.

Simak Video "OPPO hingga Samsung Bisa Nikmati Android 10"
[Gambas:Video 20detik]
(mon/mon)