Sabtu, 29 Jun 2019 16:24 WIB

Mac Pro Anyar Dirakit di China?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ada kabar Mac Pro anyar akan dirakit di China, tak lagi di AS. (Foto: Reuters) Ada kabar Mac Pro anyar akan dirakit di China, tak lagi di AS. (Foto: Reuters)
Jakarta - Versi anyar Mac Pro, yang dikritik mirip parutan keju, kabarnya akan dirakit China. Padahal Mac Pro generasi sebelumnya masih dirakit di Amerika Serikat.

Saat Apple merilis Mac Pro generasi sebelumnya, CEO Apple Tim Cook menyebut Mac Pro yang dirakit di AS itu adalah sesuatu yang sudah diusahakan oleh Apple sejak lama. Ia pun sangat bangga akan hal itu.

Namun, pelatihan pekerja dan ketersediaan alat yang dibutuhkan membuat produksi Mac Pro melambat, tak sesuai dengan permintaannya yang tinggi. Setelah itu Apple tampaknya menyerah dan tak memperbarui Mac Pro tersebut dengan komponen baru.




Lalu kemampuan produksinya pun menyusut setelah ada perusahaan lain yang memanfaatkan fasilitas di Texas, AS itu untuk memproduksi produk lain. Demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (29/6/2019).

Apple pun tampaknya sudah lama berencana untuk kembali membawa produksi Mac Pro ke China. Bloomberg pada 2016 melaporkan kalau engineer Apple ingin kembali pindah ke China karena punya akses lebih mudah dan murah untuk keperluan produksi.

Namun, Apple disebut mengatakan bahwa Mac Pro anyar masih memiliki sejumlah komponen yang dibuat di AS, dan mendukung proses manufaktur di 30 negara bagian AS. "Perakitan akhir hanyalah satu tahap dalam proses manufaktur," ujar juru bicara Apple.





(asj/krs)