Kamis, 27 Jun 2019 08:59 WIB

Oppo Rilis Teknologi Mirip Walkie Talkie Tapi Lebih Canggih

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Oppo Foto: Oppo
Jakarta - Selain memamerkan ponsel berkamera selfie di bawah layar, Oppo turut memperkenalkan teknologi baru yang tidak kalah menarik di MWC Shanghai 2019. Mirip walkie talkie tapi dibuat lebih canggih.

Diberi nama MeshTalk, menghadirkan solusi komunikasi jarak pendek. Pengguna dimungkinkan mengirimkan pesan teks dan suara, bahkan dapat melakukan panggilan suara.


Menariknya semua itu bisa dilakukan tanpa terkoneksi jaringan seluler, WiFi ataupun Bluetooth. Asalkan jarak antar perangkat tidak lebih dari 3 kilometer.

Pengguna pun dapat membuat jaringan area lokal ad hoc lewat dengan beberapa perangkat. Sehingga memungkinkan mereka membuat grup chat dan memperluas jangkauan komunikasi menggunakan relay sinyal.

Oppo Rilis Teknologi Mirip Walkie Talkie Tapi Lebih CanggihFoto: Gizmochina

Lebih lanjut dipaparkan Oppo, MeshTalk menggunakan chip khusus. Selain itu teknologi barunya ini punya privasi yang tinggi karena bisa mampu mem-bypass BTS dan server.

Tidak kalah menariknya MeshTalk berdaya rendah. Oppo mengklaim smartphone dapat bertahan 72 jam dalam keadaan siaga dengan MeshTalk aktif.


Kendati menarik, Oppo belum mengungkap kapan ponsel pertama yang dibekali teknologi ini tersedia di pasar. Semogalah dapat segera diluncurkan karena teknologi ini akan sangat berguna bagi mereka yang berada di daerah terpencil yang tidak terjangkau sinyal operator seluler. (afr/afr)