Rabu, 26 Jun 2019 18:34 WIB

Mengenal Teknologi Quantum Dot yang Batal Dipakai Apple

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: ifixit Foto: ifixit
Jakarta - Apple dikabarkan membatalkan kontraknya dengan Nanoco, perusahaan dengan spesialisasi teknologi quantum dot. Sebenarnya, quantum dot itu apa sih?

Teknologi quantum dot milik Nanoco, yang lazimnya dipakai di televisi high end, memungkinkan kontrol cahaya yang lebih presisi dan bisa menghasilkan sensor kamera berkualitas jauh lebih tinggi dari sensor yang ada saat ini.

Jika sampai teknologi dipakai di iPhone, maka ponsel berlogo apel kroak ini bakal mempunyai kamera dengan kualitas yang meningkat drastis dibanding pendahulunya. Begitu juga dengan kemampuan augmented reality (AR) pada ponsel tersebut.




Quantum dot secara teknis adalah nanokristal yang dibuat dari bermacam material semikonduktor yang mempunyai karakteristik spesial dengan mekanik quantum. Teknologi ini menarik bagi para pembuat layar begitu juga industri lain yang bergerak di bidang optik.

Pasalnya material khusus ini bisa diatur sedemikian rupa agar bisa memancarkan spektrum cahaya yang sangat sempit. Penggunaan quantum dot saat ini masih terbatas pada sejumlah perangkat kelas atas, seperti televisi high end, di mana teknologi ini bisa menghasilkan warna-warna tertentu yang lebih akurat dan efisien.

Apple sendiri sudah mulai menjajaki penggunaan teknologi quantum dot ini sejak 2013, dengan patennya yang terbaru terkait OLED hybrid dan QD (quantum dot) LED display, demikian dikutip detikINET dari BGR, Rabu (26/6/2019).




Simak Video "Analisis Ming-Chi Kuo: iPhone 5G Apple Bakal Rilis Tahun 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed