Rabu, 26 Jun 2019 12:19 WIB

Shut Down Windows 10 Terasa Lama? Mungkin Ini Penyebabnya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Proses shut down Windows 10 kini mungkin dirasakan jadi lebih lama oleh sejumlah pengguna. (Foto: Drew Angerer/Getty Images) Proses shut down Windows 10 kini mungkin dirasakan jadi lebih lama oleh sejumlah pengguna. (Foto: Drew Angerer/Getty Images)
Jakarta - Jika kamu pakai Windows 10 versi 1809 dan merasa waktu yang dibutuhkan untuk mematikan komputer terasa lebih lama, itu bukan cuma perasaan kok.

Hal ini sepertinya disebabkan oleh bug USB-C yang sudah dikonfirmasi oleh Microsoft. Pembuat Windows itu tak memasukkan bug ini dalam daftar masalah yang ada di update 1809, melainkan memposting sebuah frequently asked question (FAQ) dalam blog Microsoft USB.

Bug yang muncul saat Microsoft mengimplementasikan USB Type-C Connector System Software Interface (UCSI) milik Intel pada Windows 10 versi 1809, demikian dikutip detikINET dari Zdnet, Rabu (26/6/2019).




Menurut Microsoft, hal ini bisa mengakibatkan penundaan selama sekitar satu menit saat pengguna mencoba mematikan komputer saat software UCSI ini bekerja, yaitu saat ada perangkat yang terhubung ataupun dicabut dari port USB-C.

Maksudnya adalah docking, charger, atau perangkat USB-C lain dipasang atau dicabut saat pengguna mematikan komputer. Namun tenang saja, bug ini hanya berdampak pada durasi mematikan sistem, dan akan normal kembali saat pengguna kembali menyalakan komputer.




"Sebuah dalam implementasi software USB Type-C Connector System Software Interface (UCSI) di Windows 10 versi 1809 bisa menyebabkan penundaan 60 detik dalam proses sleep atau shutdown jika proses mematikannya terjadi saat software UCSI sibuk mengurus perangkat yang dihubungkan atau dicabut dari port USB Type-C," tulis Philip Froese dari Microsoft.

"Selain tambahan waktu satu menit ketika proses sleep atau shutdown, bug ini tak berdampak pada fungsi USB Type-C dalam mesin anda. Sistem dan port USB Type-C akan berfungsi normal saat sistem dinyalakan kembali," tambahnya.


(asj/krs)