Selasa, 25 Jun 2019 22:09 WIB

Canon Rilis Jajaran Printer Hemat Tinta, Apa Saja?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Datascrip Foto: Dok. Datascrip
Jakarta - Canon melalui Datascrip meluncurkan jajaran printer Pixma G-series yang diklaim merupakan seri hemat tinta. Apa saja?

Pixma G-series adalah printer dengan sistem tangki tinta yang bisa diisi ulang, dan ada tiga seri printer yang kali ini dirilis. Yaitu Pixma Ink Efficient G6070, G5070 dan GM2070.

Ada beberapa fitur unggulan yang dibanggakan Canon dari printer ini, yaitu kapasitas baki penyimpanan kertas yang besar, teknologi cetak dua sisi secara otomatis, hingga mendukung koneksi melalui jaringan. Ideal untuk pelaku bisnis kecil dan menengah, serta kantor yang memiliki kebutuhan cetak dalam volume besar.

Pixma Ink Efficient G6070

Tidak hanya bisa mencetak, printer multifungsi ini juga bisa melakukan pekerjaan scan dan copy dengan mudah. Koneksi nirkabel dan port ethernet memberikan keleluasaan untuk meletakkan printer ini di salah satu sudut ruang dengan mudah. Selain itu, panel 2-line LCD memudahkan pengaturan dan pengoperasian printer.

Pixma Ink Efficient G5070

Printer G5070 juga dirancang untuk produktivitas cetak tinggi seperti Pixma G6070, hanya saja tidak dilengkapi dengan fitur scan dan copy. Panel 2-line LCD sama seperti yang ada di G6070 memberikan kemudahan pengguna dalam pengoperasian dan melakukan pengaturan.

Pixma Ink Efficient GM2070

Tidak dapat dipungkiri kebutuhan cetak dokumen sebagian besar adalah hitam putih, termasuk dokumen bisnis. Namun, terkadang kebutuhan cetak warna tetap ada meskipun frekuensi dan volumenya sedikit.

Dengan keunikan teknologi yang disematkan, printer GM2070 menjadi solusi untuk kebutuhan tersebut. GM2070 merupakan printer monokrom pertama yang bisa difungsikan untuk cetak warna. Dibekali dengan tangki tinta hitam yang dapat diisi ulang, printer ini juga didesain khusus agar dapat dipasang kartrid tinta warna. Ketika kartrid dilepas, GM2070 kembali berfungsi sebagai printer monokrom yang dapat mencetak hingga 8.300 halaman dari satu botol tinta isi ulang.




"Ketiga varian generasi terbaru Pixma seri G ini ditujukan untuk mereka yang memiliki kebutuhan cetak banyak dalam kesehariannya. Jika hanya untuk kebutuhan cetak dokumen hitam putih bisa memilih Pixma GM2070, namun jika ingin printer multifungsi yang bisa scan dan copy, Pixma G6070 bisa menjadi solusinya," ujar Monica Aryasetiawan - Senior Division Manager of Canon Consumer System Product Division Datascrip dalam keterangan yang diterima detikINET.

Ketiga printer Pixma Ink Efficient G-series ini memiliki tangki tinta isi ulang yang terintegrasi dalam bodi printer sehingga bentuknya lebih ringkas. Desain tangki tinta yang menghadap ke depan dan dilengkapi jendela tembus pandang memberikan kemudahan pengguna untuk melihat tinta yang tersisa secara langsung.

Canon juga menghadirkan desain terbaru botol tinta isi ulang yang lebih mudah mengalir, tanpa perlu ditekan, sangat membantu pada saat pengisian tangki tinta printer. Botol tinta didesain khusus, saluran dua arah dalam corong botol mengatur tekanan udara secara cerdas sehingga pengisian tinta di printer berhenti secara otomatis setelah mencapai kapasitas tinta maksimum.

Kualitas formula pigmen tinta hitam juga lebih baik, yang memberikan kepadatan optik lebih tinggi pada saat mencetak di atas kertas biasa. Kontras yang dihasilkan diklaim sangat tinggi sehingga cetakan berupa teks dan garis dapat terlihat lebih tajam dan jelas.

Pixma Ink Efficient G6070, G5070 dan GM2070 memang ditujukan bagi mereka yang memiliki produktivitas cetak tinggi dengan biaya cetak yang murah, namun tetap mengutamakan kualitas hasil cetak. Satu botol tinta asli Canon dapat mencetak 8.300 halaman dokumen hitam putih dan 7.700 halaman full colour.

Untuk mencetak foto ukuran 4R, printer ini hanya membutuhkan waktu 37 detik. Selain itu, printer Pixma seri G ini juga mendukung cetak foto tanpa tepi (borderless) pada kertas foto glossy hingga ukuran A4.

Pengguna juga dapat menghemat pemakaian kertas dengan memanfaatkan fitur Auto Duplex Printing yang dapat mencetak dokumen dua sisi (depan belakang), tanpa perlu membalik kertas secara manual.

Kapasitas tinta yang dapat mencetak dalam volume banyak ini didukung dengan daya tampung kertas yang besar, hingga 350 lembar, yaitu 250 lembar pada laci penyimpan kertas di bagian bawah dan 100 lembar pada baki belakang.

Pada laci kertas juga dilengkapi jendela transparan, sehingga pengguna tidak perlu lagi membuka laci untuk memantau jumlah kertas yang tersisa. Untuk mencetak kertas ukuran kartu nama, amplop dan kertas foto bisa dilakukan dari baki penampung kertas bagian belakang.

Printer Pixma seri G ini dapat digunakan oleh lebih dari satu perangkat karena telah didukung dengan koneksi jaringan kabel dan nirkabel LAN. Selain itu, Pixma G6070, G5070 dan GM2070 juga dapat terkoneksi dengan perangkat smartphone menggunakan koneksi Wi-Fi tanpa melalui jaringan router.

Datascrip sebagai authorized distributor Canon di Indonesia memasarkan:
Canon Pixma G6070 dengan harga Rp5.500.000
Canon Pixma G5070 dengan harga Rp3.520.000
Canon Pixma GM2070 dengan harga Rp2.937.000

Consumables:
Ink bottle GI-70 Black Pigment (170 ml) @ Rp173.800
Ink bottle GI-71 Cyan/Magenta/yellow (70ml) @ Rp159.500



Tonton video Pengurangan Pemakaian Kertas Bikin Penjualan Printer Canon Menurun:

[Gambas:Video 20detik]




(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed