Senin, 24 Jun 2019 15:57 WIB

Nungguin Kamera Bawah Layar di Ponsel Oppo? Perlu Tahu Nih

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Oppo menjadi salah satu vendor yang diketahui sedang mengembangkan ponsel dengan kamera di bawah layar. Apa dalam waktu dekat bakal dipasarkan?

Sebelum sampai ke jawaban tersebut, pertama-tama patut diingat bahwa penggunaan teknologi macam itu bisa jadi salah satu terobosan penting dalam perkembangan smartphone.

Hal ini dikarenakan penggunaan kamera depan di dalam layar salah satunya akan meniadakan sama sekali keberadaan notch di smartphone. Juga tak ada lubang dalam layar maupun mekanisme pop-up dan semacamnya. Harapkan pula ponsel dengan bezel yang setipis-tipisnya.




Nah, Oppo dalam waktu dekat akan memamerkan prototipe ponsel dengan kamera di bawah layar tersebut. Tepatnya pada tanggal 26 Juni di ajang MWC Shanghai 2019. Sudah ada antusiasme tersendiri dalam menyambut kehadiran smartphone tersebut.

"Lupakan iPhone 11 dan Pixel 4, display smartphone yang kita inginkan akan datang pekan depan," sebut artikel BGR.com tengah pekan lalu, ketika membahas kehadiran prototipe ponsel Oppo dengan kamera di bawah layar.



Sekali lagi, patut diingat bahwa yang akan dipamerkan Oppo pekan ini baru sekadar prototipe. Sehubungan itulah jangan buru-buru berharap teknologi kamera di bawah layar akan tersedia di pasaran dalam waktu dekat.

GizChina.com, dalam sebuah artikel yang turut mengutip pernyataan Oppo Vice President Shen Yiren Brian di Weibo, memprediksi bahwa teknologi kamera di bawah layar itu belum bisa diproduksi massal pada tahun 2019.




"Ini berarti ponsel dengan kamera di bawah layar pertama dari Oppo belum akan bisa segera dibeli, walaupun vendor tersebut sudah bisa memamerkan prototipe miliknya."

"Ini juga berarti kita mungkin saja akan melihat produksi massal baru akan dimulai pada tahun depan dan kalau itu terjadi, kita bisa mengharapkan produsen ponsel China lainnya akan segera mengikuti," sebut artikel itu.




Disebutkan lebih lanjut, Yiren sebelumnya juga mengatakan adanya potensi kualitas gambar yang berkurang akibat penggunaan inovasi kamera di bawah layar tersebut.

Merunut pada rekam jejak teknologi sensor sidik jari di bawah layar yang saat ini sudah berkembang pesat dalam dua tahun terakhir, kecenderungan serupa diduga dapat pula terjadi pada teknologi kamera di bawah layar ponsel nantinya.

Dengan demikian keinginan untuk buru-buru menggunakan ponsel dengan kamera di dalam layar, baik dari Oppo maupun Xiaomi yang juga diketahui sedang mengembangkan teknologi serupa, tampaknya harus direm lebih dulu untuk sementara waktu sampai ada perkembangan kabar terbaru.




Kabar baiknya, kamu setidaknya sudah akan bisa melihat prototipe ponsel dengan kamera depan di bawah layar itu saat Oppo memamerkannya tengah pekan ini.


(krs/jsn)