Sabtu, 22 Jun 2019 08:40 WIB

Xiaomi Umumkan Seri Ponsel Anyar, Fokus Soal Kemampuan Kamera

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Lei Jun, founder sekaligus CEO Xiaomi, berdiri di depan logo Xiaomi. Foto: REUTERS/Jason Lee Lei Jun, founder sekaligus CEO Xiaomi, berdiri di depan logo Xiaomi. Foto: REUTERS/Jason Lee
Jakarta - Xiaomi resmi mengumumkan seri smartphone terbarunya yang diberi nama Mi CC. Vendor asal China itu menjelaskan bahwa CC berarti camera+camera, yang menunjukkan bahwa seri ini akan fokus pada kemampuan fotografi.

"Ini dia Mi CC, ponsel trendi untuk para kaum muda di seluruh dunia," ucap Lei Jun, founder sekaligus CEO dari Xiaomi, sebagaimana tercantum dalam blog resmi Xiaomi.

Logo Mi CC, seri ponsel hasil kolaborasi Xiaomi dengan Meitu.Logo Mi CC, seri ponsel hasil kolaborasi Xiaomi dengan Meitu. Foto: Xiaomi

Kelahiran seri smartphone ini sendiri merupakan hasil kerja sama antara Xiaomi dengan Meitu. Mereka telah menjalin kesepakatan untuk menggarap Mi CC ini pada November tahun lalu.

Xiaomi, yang mengklaim dirinya sebagai vendor smartphone terbesar keempat secara global, menjelaskan bahwa Mi CC akan menjadi ponsel flagship untuk fotografi. Salah satu kemampuannya adalah algoritma baru yang dikembang oleh Xiaomi dengan Meitu AI Beauty Lab.

Lebih lanjut, vendor yang melahirkan Pocophone dan Redmi ini juga memastikan bahwa kamera depan dan kamera belakang di Mi CC akan menggunakan lensa yang sama. Hal ini sesuai dengan rumor yang beredar mengenai ponsel Xiaomi yang konsep kameranya mirip Asus Zenfone 6.

Smartphone yang sepertinya akan bernama Mi CC9 itu dilaporkan akan memakai panel AMOLED, punya sidik jari di layar, dan ditenagai Snapdragon 730. Sedangkan varian lainnya, Mi CC9e akan adir dengan layar AMOLED ukuran 6,39 inch dan resolusi Full HD+.

Render yang diindikasi akan menjadi Xiaomi Mi CC9.Render yang diindikasi akan menjadi Xiaomi Mi CC9. Foto: Weibo

Ia tidak akan mengusung sistem flip seperti Mi CC9. Pasalnya, ia punya kamera selfie 32 MP. Sementara di bagian belakang terdapat tiga kamera, salah satunya berukuran 48 MP.

Xiaomi sendiri mengharapkan kehadiran Mi CC akan memperkuat posisinya di lebih 80 pasar secara global, dengan lebih dari 40 di antaranya mereka sudah menduduki posisi lima besar. Melihat jejak Pocophone dan Redmi yang mendapat sambutan baik, bukan tidak mungkin Mi CC akan mengikuti kiprah dua seri ponsel tersebut. (mon/mon)