Jumat, 21 Jun 2019 10:40 WIB

Hati-hati, Ada MacBook Pro yang Baterainya Gampang Terbakar

Fino Yurio Kristo - detikInet
Apple MacBook Pro. Foto: istimewa Apple MacBook Pro. Foto: istimewa
Jakarta - Apple mengumumkan bahwa sebagian laptop MacBook Pro 15 inch mengalami masalah di baterai yang mungkin mengalami overheat dan berisiko mengeluarkan api. Maka, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu melakukan penarikan alias recall.

Dikutip detikINET dari CNBC, laptop yang terkena permasalahan adalah yang berdesain lama, dijual antara bulan September 2015 sampai Februari 2017. Modelnya tertulis sebagai "MacBook Pro (Retina, 15-inch, Mid 2015)" di system settings.

"Keamanan konsumen selalu menjadi prioritas utama Apple dan kami secara sukarela memutuskan untuk menggantikan baterai yang terimbas, gratis," tulis Apple di website.




Patut dicatat kembali bahwa MacBook Pro yang terdampak mengusung desain yang dulu dan tidak sama dengan MacBook Pro saat ini yang memiliki fitur Touch Bar.

Untuk menentukan apakah modelnya bermasalah, pemilik MacBook Pro bisa mengeceknya dengan serial number di website suport Apple. Jika terdampak, user dapat mengirim unit ke pusat servis Apple terdekat untuk diganti baterainya.

Selain soal baterai, model laptop bersangkutan bermasalah pula soal keyboard 'butterfly' yang banyak dikritik karena kurang bagus. Apple sebelumnya telah menjanjikan penggantian jika keyboard tersebut rusak.

Apple menegaskan tidak ada model MacBook Pro lain yang tertimpa masalah baterai. Di sisi lain, mereka tidak menjelaskan apa yang menyebabkan baterai MacBook Pro yang di-recall rentan terbakar.


(fyk/krs)