Jumat, 21 Jun 2019 08:05 WIB

Huawei Pastikan 14 Ponselnya Ini Kebagian Android Q dan EMUI 10

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi ponsel Huawei. Foto: Reuters Ilustrasi ponsel Huawei. Foto: Reuters
Jakarta - Huawei belum lama ini dilaporkan tengah bersiap untuk merilis ponsel perdananya dengan sistem operasi Hongmeng pada Oktober mendatang. Meski demikian, bukan berarti mereka melepas perhatiannya terhadap pembaruan di smartphone-smartphone yang sudah ada di pasaran.

Huawei memastikan ada 14 nama yang akan mendapat update ke Android Q nantinya. Jika dirinci, 11 di antaranya merupakan merk Huawei, sedangkan tiga sisanya datang dari Honor selaku sub-brand miliknya.



Berikut daftar lengkapnya:

- Huawei P30 Pro
- Huawei P30
- Huawei P30 Lite
- Huawei mate 20 Pro
- Huawei Mate 20
- Huawei Mate 20X 5G
- Huawei P20 Pro
- Huawei P20
- Huawei P Smart 2019
- Huawei P Smart+ 2019
- Huawei P Smart Z
- Honor 20 Lite
- Honor 20 Vanilla
- Honor 20 Pro

Lebih lanjut, vendor asal China ini juga memberikan konfirmasi bahwa pihaknya turut menggulirkan EMUI 10 ke 14 ponsel yang disebutkan di atas. Diperkirakan, versi beta dari firmware tersebut dapat hadir dalam beberapa bulan ke depan.

Pekan lalu, pra-rilis dari EMUI 10 sendiri memang sudah diketahui oleh XDA Developers. Di situ, sejumlah perbedaan dapat ditemukan seperti pada aplikasi kamera, ikon, dan sistem menu, sebagaimana detikINET kutip dari GSM Arena, Jumat (21/6/2019).



Satu yang menarik, daftar terbaru yang dibagikan ini memiliki sejumlah perbedaan ketimbang pengumuman terdahulu. Pada awal Mei, Huawei sempat menyebut bahwa Honor View 20, Honor Magic, dan Mate 20 RS Porsche Design termasuk di dalam delapan ponsel mereka yang bakal kebagian Android Q.

Menarik untuk ditunggu ponsel-ponsel apa saja yang akan benar-benar mendapat update ke Androdi Q nantinya. Terlebih, waktu akan terus berjalan seiring dengan rencana implementasi Hongmeng ke ponsel-ponsel Huawei di masa depan.


(mon/krs)