Rabu, 19 Jun 2019 15:03 WIB

26 Juni, Oppo Pamer Ponsel dengan Kamera di Bawah Layar

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Rifkianto Nugroho/detikINET Foto: Rifkianto Nugroho/detikINET
Jakarta - Belum lama ini salah satu petinggi Oppo membagikan sebuah video pendek yang menampilkan wujud ponsel dengan kamera depan berada di bawah layar. Kini, vendor asal China tengah bersiap untuk memperkenalkan perangat tersebut ke publik.

Melalui akun Weibo resminya, Oppo mengumumkan rencana menggelar acara pada 26 Juni di MWC Shanghai 2019, sebagaimana detikINET kutip dari Gizchina, Rabu (19/6/2019). Dalam poster yang dibagikannya, tampak ilustrasi sebuah lingkaran terang yang menjadi simbol kamera depan di bawah layar.



Poster promosi ponsel kamera depan di bawah layar buatan Oppo.Poster promosi ponsel kamera depan di bawah layar buatan Oppo. Foto: Weibo Oppo via Gizchina

Sayangnya, belum diketahui apakah produk yang diperkenalkan sudah siap untuk dipasarkan atau masih dalam bentuk prototipe. Satu yang jelas, ini bisa menjadi tonggak tersendiri bagi Oppo di tengah-tengah 'perlombaan' para produsen ponsel dalam menghadirkan inovasi pengganti notch di layar.

Tim riset Oppo sendiri pernah mengatakan bahwa mereka mempelajari penerapan kamera depan ponsel di bawah layar sejak awal 2017. Seorang teknisi menggambarkan pengembangan teknologi ini seperti menyeberangi sungai hanya dengan merasakan batu-batu di bawahnya.

Artinya, mereka menemui banyak kesulitan dan tantangan dalam proses untuk mewujudkan fitur tersebut. Kamera di bawah layar harus bekerja dengan perangkat keras lain dengan sempurna. Selain itu, diperlukan pula algoritma yang tepat untuk menyempurnakan pengalaman penggunaan kamera tersebut.




Di samping Oppo, Xiaomi juga sempat mengklaim bahwa pihaknya turut memiliki ponsel dengan kamera di bawah layar. Saat itu, sebuah video yang dipasang oleh co-founder sekaligus Presiden Xiaomi, Lin Bin, memperlihatkan Mi 9 yang memiliki kamera depan tersembunyi di bawah layar.

Untuk perusahaan yang satu ini, belum diketahui kapan mereka akan memperkenalkan perangkat tersebut. Menarik untuk ditunggu apakah Xiaomi juga akan mengikuti jejak Oppo untuk menghadirkan ponsel dengan kamera di bawah layar pada tahun ini atau tidak.



Tonton video OPPO Reno 10x Zoom Buat Fotografer ''Klepek-klepek'':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed