Selasa, 18 Jun 2019 17:15 WIB

Ini Modal Reno 10x Zoom Jadi Smartphone Gaming Mumpuni

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Oppo Reno 10x Zoom mengedepankan kemampuan kameranya. Pun begitu perangkat ini juga diklaim jadi smartphone gaming mumpuni.

Vendor asal China ini mengatakan pihaknya memodali Reno 10x Zoom dengan sejumlah komponen dan fitur yang akan memaksimalkan pengalaman bermain game.




Dimulai dari dapur pacunya, Reno 10x Zoom dibekali Snapdragon 855 dan RAM 8 GB. Racikan ini mampu menghadirkan kinerja ngebut mengingat prosesor buatan Qualcomm itu adalah tercepat saat ini.

"Snapdragon 855 punya peningkatan performa CPU sebesar 45% dari pendahulunya. GPU mengalami peningkatan 20% dari seri sebelumnya. Ini memerikan performa yang luar biasa dari sisi end user experience," jelas Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia saat acara peluncuran Oppo Reno Series di Jakarta.

"Tidak kalah penting adalah FinFET process di Snapdragon 855 memakai 7 nanometer yang memberikan efisiensi power yang luar biasa," lanjutnya.

Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia.Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia. Foto: Rifkianto Nugroho/detikINET

Dari sisi software, Oppo menghadirkan Hyper Boost 2.0. Fitur ini terdiri dari Touchboost dan Frameboost.

Dijelaskan PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto, Touchboost merupakan teknologi yang mengoptimalkan respons sentuhan.

"Dengan menggunakan Touchboost respon sentuhan pada game AOV (Arena of Valor) meningkat 16,2%, sedangkan pada game PUBG Mobile peningkatannya mencapai 21,6%," jelas Aryo.

Sementara Frameboost datang dalam bentu aplikasi akselerasi game yang memperkecil terjadinya lag pada game, terutama pada game online dimana banyak karakter berkumpul di satu tempat yang sama.

"Dengan Frameboost, stabilitas game stabilitas game AOV hingga 31,38%. Sementara pada PUBG Mobile kemungkinan terjadi lag dapat ditekan hingga 44,1%," papar Aryo.

 PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto. PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto. Foto: Rifkianto Nugroho/detikINET

Oppo menyadari ketika ponsel untuk digunakan main game, bodi ponsel kerap terasa panas. Masalah ini mengurangi kenyamanan memegang perangkat bahkan berimbas pada berkurangnya performa ponsel.

Mengatasi masalah panas ini, Oppo menyematkan Tri-Cooling Control pada Reno 10x Zoom. Teknologi ini memadukan Thermal Gel, Copper Pipe Liquid Cooling dan Graphite Sheet.

Perpaduan ketiganya memberikan efek penyebaran panas yang lebih merata. Ini akan membuat suhu perangkat akan selalu terjaga saat digunakan bermain game dalam waktu lama.




"Pengalaman terbaik dengan hardware dan konfigurasi pada software yang dioptimalkan memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen. Karena itu Reno memperoleh pengakuan dari TuV Rheinland sebagai perangkat smartphone gaming dengan performa tinggi," pungkas Aryo.

Oppo Reno 10x Zoom mulai dijual 28 Juni mendatang. Namun ponsel ini sudah bisa dipesan sejak 17 hingga 27 Juni. Harga Oppo Reno 10x zoom dibanderol Rp 12,999 juta.

(afr/krs)