Sabtu, 15 Jun 2019 20:18 WIB

Snapdragon 865 Bakal Diproduksi oleh Samsung

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji
Jakarta - Pabrik EUV 7nm Samsung disebut menerima sejumlah kontrak besar, salah satunya adalah kontrak dari Qualcomm untuk memproduksi Snapdragon 865.

Dilansir GSM Arena, Sabtu (15/6/2019), sebuah sumber yang dikutip media Korea menyebut Qualcomm memilih Samsung untuk memproduksi Snapdragon 865, bukan TSMC. Namun, kontrak ini belum sepenuhnya terjadi, melainkan baru ada di tahap akhir.

Sebelumnya, Qualcomm memilih TSMC untuk memproduksi chip 7nm-nya, yaitu Snapdragon 845 dan 855. Setelah sebelumnya kontrak tersebut dipegang Samsung yang memproduksi Snapdragon 820 dan 835.


Qualcomm disebut percaya kalau proses 7nm EUV milik Samsung lebih canggih dibanding node 7nm milik TSMC. Lalu kabarnya Snapdragon 865 yang beredar pun akan ada dua jenis, yaitu versi standar dan versi dengan modem 5G X55.

Pabrik chip Samsung ini juga memproduksi chip GPU untuk Nvidia, yang sebelumnya juga menjadi rekanan TSMC selama bertahun-tahun. Arsitektur Ampere milik Nvidia adalah chip pertama mereka yang menggunakan proses 7nm, sementara arsitektur Turing yang ada saat ini dibuat oleh TSMC dengan proses custom 12nm.

Ada juga IBM yang menggunakan jasa pabrik EUV 7nm Samsung untuk memproduksi prosesor Power terbarunya. Prosesor Exynos generasi selanjutnya -- yang bakal dipakai di Galaxy Note 10 -- bakal dibuat menggunakan proses EUV 7nm yang sama.

Samsung sendiri berencana untuk memperluas pabrik EUV-nya untuk menangani peningkatan pesanan ini. Kabarnya lini produksi baru akan mulai diaktifkan pada Februari mendatang. (asj/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed