Sabtu, 15 Jun 2019 16:04 WIB

Huawei Ikutan Tunda Rilis Ponsel Layar Lipatnya

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Jakarta - Masalah layar yang dihadapi Galaxy Fold agaknya mempengaruhi Huawei. Vendor asal China ini baru saja mengumumkan penundaan ponsel layar lipatnya, Mate X.

Sedianya ponsel ini akan meluncur ke pasar pertengahan tahun ini. Tapi Huawei menangguhkannya hingga September mendatang.


Kepada CNBC, Huawei mengatakan pihaknya tengah melakukan pengujian ekstensif untuk memastikan perangkatnya siap untuk konsumen. Ini merupakan langkah hati-hati mereka setelah berkaca pada kasus yang menimpa perangkat layar lipat milik Samsung.

"Kami tidak ingin meluncurkan produk yang dapat menghancurkan reputasi kami," ujar juru bicara Huawei seperti dilansir dari The Verge, Sabtu (15/6/2019).

Hal lain yang menjadi alasan penundaan Mate X adalah masalah pencekalan pemerintah AS. Sejak Huawei masuk daftar hitam, banyak masalah yang harus mereka hadapi, termasuk lisensi pengguna Android di perangkatnya.

Huawei Ikutan Tunda Rilis Ponsel Layar LipatnyaFoto: Adi Fida Rahman/detikinet
Tapi Huawei menegaskan Mate X masih akan menjalankan Android. Sebab ponsel ini telah dirilis sebelum Huawei masuk dalam daftar entitas.

Untuk informasi, Mate X diperkenalkan Februari lalu diajang MWC 2019. Perangkat ini mengusung layar OLED berukuran 8 inch.


Ponsel ini mengusung mekanisme lipat luar. Membawa tiga kamera dengan dukungan 5G.

Mate X rencananya dijual seharga 2.299 euro untuk varian 8GB+512GB (RAM/ROM) atau sekitar Rp 36,6 juta jika dikonversi. (afr/asj)