Senin, 10 Jun 2019 09:02 WIB

Dirilis di India, Asus Ganti Nama ZenFone 6 jadi 6z

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: Asus Foto: Asus
Jakarta - Secara global Asus punya lini smartphone dengan nama ZenFone, tapi di India nama itu bakal dipensiunkan. Asus ZenFone 6 pun siap ganti nama jadi Asus 6z.

Menyoal perkara ganti nama itu sendiri, Asus sejatinya tidak punya pilihan. Sebagaimana dilansir situs Android Police, ini terkait dengan gugatan hukum Telecare Network yang memegang merek dagang "Zen" dan "Zenmobile" di India.


Disebutkan bahwa Telecare Network mengklaim telah menggunakan "Zen" dan "Zenmobile" untuk merek produknya semenjak 2008. Asus, dengan ZenFone-nya, baru masuk pasar India sedari 2014 dan dinilai identik atau mirip dengan merek itu. Apalagi kedua brand tersebut juga dinyatakan menjual perangkat dengan kisaran harga yang hampir mirip.

Asus sempat berargumen bahwa merek ZenFone terinspirasi dari filosofi Zen, yang merupakan sebuah hal umum, dan bahwa nama ZenFone sudah diketahui terasosiasi dengan Asus. Namun, pada akhirnya pengadilan setempat tetap memenangkan Telecare Network.

Dirilis di India, Asus Ganti Nama ZenFone 6 jadi 6zFoto: GSM Arena
Sehubungan dengan itu, Asus tak diperbolehkan menjual, menawarkan, dan mengiklankan produk ponsel/aksesori di bawah merek dagang Zen atau ZenFone di India mulai dari 23 Juli mendatang atau delapan pekan setelah keputusan pengadilan tertanggal 28 Mei.

Disebutkan pula, Asus sebenarnya masih memiliki kesempatan pada agenda berikutnya pada tanggal 10 Juli, walaupun ada kemungkinan pula keputusan saat ini bakal diperkuat dengan kembali memenangkan Telecare Network.


Nah, menariknya adalah Asus kini terindikasi sudah ancang-ancang ganti nama lini ponselnya di India. Kabarnya, Asus ZenFone 6 saat ini sudah diiklankan sebagai Asus 6z di situs e-commerce Flipkart. Di India, ponsel itu rencananya bakal rilis pada tanggal 19 Juni.


(krs/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed