Rabu, 05 Jun 2019 18:01 WIB

Daftar Perangkat Apple yang Kebagian macOS Catalina

Adi Fida Rahman - detikInet
MacOS Catalina. Foto: istimewa MacOS Catalina. Foto: istimewa
Jakarta - Di panggung WWDC 2019, Apple memperkenalkan macOS Catalina. Perangkat apa saja yang bakal mendapat pembaruan sistem operasi yang punya kode 10.15 ini?

Lewat situs resminya, Apple menyebutkan seluruh komputer produksinya yang bisa mencicipi sejumlah fitur baru dari penerus macOS Mojave ini. Perangkat tersebut meliputi:

- MacBook tahun 2015 dan di atasnya
- iMac tahun 2012 dan di atasnya
- MacBook Air tahun 2012 dan di atasnya
- iMac Pro tahun 2017 dan di atasnya
- MacBook Pro tahun 2012 dan di atasnya
- Mac Pro tahun 2013 dan di atasnya
- Mac Mini tahun 2012 dan di atasnya

Bicara soal macOS Catalina, ini adalah sistem operasi komputer pertama Apple yang mendukung aplikasi 64-bit. Catalina sendiri diambil dari nama pulau Santa Catalina yang berlokasi di selatan California.

Apple akan merilis versi final macOS pada musim gugur atau kisaran September mendatang. Tapi versi developer sudah tersedia, sementara versi Public Beta akan dihadirkan Juli nanti.


macOS Catalina membawa banyak perubahan. Paling ketara kita tidak akan menemukan keberadaan iTunes lagi, sebab perusahaan yang dikomandoi Tim Cook itu memecahnya dalam tiga aplikasi, yakni Apple Music, Apple TV dan Podcast.
Daftar Perangkat Apple yang Kebagian macOS CatalinaFoto: istimewa

Lalu ada kemampuan Sidecar. Fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan iPad sebagai monitor eksternal maupun difungsikan untuk mirroring, baik dikoneksikan secara kabel maupun wireless.

Lewat fitur inipula pengguna menggunakan Pensil Apple untuk markup dan menggambar. Aplikasi yang kompatibel untuk menggambar meliputi Adobe Illustrator, CorelDRAW, Cinema 4D, dan ZBrush.

Di macOS Catalina, sekarang ada Voice Control. Fitur ini menghadirkan cara baru untuk mengontrol perangkat Mac, iPadOS, dan iOS dengan suara pengguna.
Daftar Perangkat Apple yang Kebagian macOS CatalinaFoto: istimewa

Find My iPhone dan Find My Friends telah digabung di Mac, iPhone, dan iPad sebagai Find My. Aplikasi gabungan memungkinkan pengguna menemukan orang dan perangkat yang penting bagi mereka.

Aplikasi Mac Photos telah dirancang ulang dengan home screen baru, pemutaran video otomatis, dan organisasi tampilan baru yang menampilkannya berdasarkan Hari, Bulan, dan Tahun. Pembaruan juga menghilangkan duplikat dan kekacauan screenshot, dan menggunakan AI untuk menentukan bidikan terbaik pengguna dan peristiwa penting seperti ulang tahun dan perjalanan.

Hadirnya Screen Time di macOS memungkinkan kita melihat semua perangkat yang digunakan. Dari sana bisa mengatur batasan untuk anak untuk menggunakan perangkat, menjadwalkan waktu offline, dan lihat aplikasi dan situs web mana yang digunakan pengguna dan keluarganya.

Terdapat fitur "One more Minutes" yang memungkinkan pengguna menambahkan waktu kerja untuk menyelesaikan sebelum istirahat, dan Family Sharing menawarkan opsi pemantauan anak yang baru.


Aplikasi Notes memiliki tampilan galeri baru, folder bersama, dan pencarian yang lebih kuat. Pengguna dapat mencari teks dalam dokumen yang di-scan dan objek dalam foto.

Pengingat telah dirancang ulang dengan antarmuka pengguna yang sama sekali baru yang membuatnya lebih mudah untuk membuat, mengatur, dan melacak pengingat. (afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed