Minggu, 02 Jun 2019 07:18 WIB

Didukung Malaysia Saat AS Menekan, China: Friendship Forever

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Di tengah tekanan pemerintah Amerika Serikat (AS) lewat blacklist terhadap seratusan perusahaannya, China tetap didukung penuh pemerintah Malaysia. China pun balik mengapresiasi.

Duta Besar China untuk Malaysia Bai Tian menulis artikel panjang sebagai bentuk apresiasi tersebut. Tulisan ini sekaligus bentuk penghargaan atas persahabatan 45 tahun kedua negara.




Dalam surat yang dilansir Business Insider itu, Bai Tian memakai judul "Friendship Forever China-Malaysia" yang diposting di page Facebook kedutaan. Tian mengatakan bahwa kedua negara akan menjadi sobat sepanjang hayat.

"Selama 45 tahun terakhir, dengan upaya bersama para pemimpin generasi berturut-turut China dan Malaysia dan orang-orang dari dua negara, hubungan persahabatan China-Malaysia telah mencapai kemajuan pesat dan hasil kerja sama yang bermanfaat di berbagai bidang, membawa kepentingan nyata yang besar bagi orang-orang China dan Malaysia," tuturnya.

Tian pun mengisahkan tentang bagaimana Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad sejak dulu selalu menjaga silaturahmi dengan Negeri Tirai Bambu. Terbukti dengan kunjungan Mahathir sebanyak sembilan kali dalam dua masa jabatannya sebagai Perdana Menteri Malaysia.




Selain itu, diungkapkannya juga hasil berbagai proyek kerja sama antara kedua negara selama ini, seperti East Coast Rail Link (ECRL) dan Bandar Malaysia yang diaktifkan kembali. Di akhir tulisan sebanyak 1.171 kata ini, Tian berharap agar persahabatan kedua negara tetap terjaga.

"Semoga persahabatan antara China dan Malaysia tetap terjaga selamanya," tutupnya.





(agt/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed