Sabtu, 01 Jun 2019 20:30 WIB

Duet dengan Redmi, Xiaomi Berambisi Kuasai Dunia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Pasar smartphone global mulai dinilai penting bagi Xiaomi saat ini. Mereka pun mulai berambisi untuk mendominasi pasar tersebut.

Dalam sebuah wawancara, Lu Weibing, General Manager Redmi, tidak menutup-nutupi akan hasrat perusahaannya yang tak hanya bersaing, tetapi bisa lebih dominan di pasar smartphone global.

Xiaomi tidak sendirian. Ia akan mengerahkan ponsel sub-brand miliknya, Redmi, untuk mencapai keinginan perusahaan.



Seperti dilansir dari Phone Arena, Sabtu (1/6/2019) kepercayaan diri Xiaomi sedang tinggi. Di India, Weibing mengatakan, duet Xiaomi dan Redmi telah memimpin pasar smartphone di sana selama tujuh kuartal terakhir.

Mereka sekarang memegang 10% mengungguli Samsung di posisi kedua. Dengan investasi berkelanjutan, bukan tak mungkin, Xiaomi dapat mencapai 50% pangsa pasar di negeri Bollywood ini.

Adapun soal pengiriman perangkat, Xiaomi dan Redmi menyumbang 29%. Bahkan, 7 dari 10 smartphone terlaris di pasar India, dihuni oleh keluaran Xiaomi, salah satu di antaranya adalah Redmi Note 7.

Di luar pasar Asia, Xiaomi dan Redmi berharap melanjutkan ekspansi mereka tahun ini. Di benua Biru, vendor China satu ini berada di urutan keempat di belakang Samsung, Apple, dan Huawei, tetapi dengan melalui investasi di Redmi lebih lanjut, Xiaomi berkeinginan secara bertahap memperketat persaingan tersebut.



Selain itu, ingin meningkatkan pengiriman ponsel secara global dengan meluncurkan Redmi di Amerika Latin bersama pasar Afrika Timur, Afrika Tengah, dan Afrika Barat.

Tak sampai di sana, perusahaan besutan Lei Jun ini juga berencana melanjutkan fokusnya di e-commerce dan nilau uang, di mana artinya tidak akan ada dorongan untuk keuntungan margin yang besar.

Apakah misi Xiaomi ini untuk mendominasi pasar smartphone global dapat tercapai? (agt/afr)