Sabtu, 01 Jun 2019 09:40 WIB

Titik Terang Nasib Ponsel Layar Lipat TCL

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Dragon Hinge, Ponsel Layar Lipat TCL. Foto: GSM Arena Dragon Hinge, Ponsel Layar Lipat TCL. Foto: GSM Arena
Jakarta - Tiga bulan sudah berlalu semenjak TCL pertama kali memperkenalkan ponsel layar lipat miliknya pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona. Sejak saat itu, tak terdengar lagi kabar mengenai perangkat dari perusahaan asal China itu.

Kini, akhirnya TCL memberikan titik terang mengenai kelanjutan dari ponsel layar lipatnya. Vendor yang bertanggung jawab atas produksi ponsel BlackBerry ini mengumumkan pihaknya akan mulai membuat layar AMOLED fleksibel pada Kuartal IV 2019.




Disebutkan bahwa material yang dibutuhkan dalam membuat LTPS-AMOLED ini didatangkan dari Jepang dan Korea Selatan. Kegiatan produksi itu akan dijalankan oleh unit bisnisnya yang bernama Huaxing Optoelectronics.

Anak perusahaannya TCL itu diketahui telah menjalin kerja sama dengan Huawei dalam memasok layar untuk televisi. Salah satunya adalah Huawei Smart TV berukuran 65 inch.

Pembuatannya sendiri akan dikerjakan di fasilitas mereka di Wuhan, China. Diperkirakan, kapasitas produksinya dapat mencapai 45 ribu per bulan, sebagaimana detikINET kutip dari Gizchina, Jumat (31/5/2019).

Sayangnya, masih belum diketahui kapan TCL akan benar-benar membuat ponsel layar lipat bernama DragonHinge miliknya itu. Meski demikian, pihaknya sudah mencanangkan bakal merilis perangkat tersebut pada 2020.




DragonHinge sendiri mempunyai layar AMOLED 7,2 inch dengan resolusi QHD+. Secara konsep, ia mirip dengan Galaxy Fold yang layar utamanya dilipat ke dalam, walau DragonHinge tidak memiliki layar tambahan di muka ketika dalam keadaan tertutup.

Selain itu, sempat diberitakan juga bahwa TCL akan mengerjakan ponsel lipat yang bisa ditekuk hingga menyerupai smartwatch. Untuk yang satu ini, belum diketahui kapan ia akan merilis perangkat tersebut.


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed