Jumat, 31 Mei 2019 21:26 WIB

Bocoran Paten Ini Ungkap Wujud Perangkat Layar Lipat Apple

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Patently Apple Foto: Patently Apple
Jakarta - Ponsel layar lipat buatan Samsung dan Huawei belum ketahuan kapan akan resmi diluncurkan. Kini malah sudah beredar bocoran paten perangkat layar lipat dari Apple.

Dilansir detikINET dari CNET, Jumat (31/5/2019), beberapa waktu yang lalu US Patent and Trademark Office memberikan paten nomor 10,303,218 kepada Apple. Deskripsi paten ini adalah untuk 'cover dan display yang bisa dilipat untuk perangkat elektronik'.




Paten ini didaftarkan Apple pada tanggal 12 Januari 2018, tapi ini bukan pertama kalinya perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS tersebut mendaftarkan paten perangkat yang bisa dilipat. Pada bulan Februari lalu, Apple memperbarui paten untuk ponsel layar lipat berbentuk clamshell yang patennya pertama kali didaftarkan pada tahun 2011.

Paten tersebut tidak menyebutkan apakah display ini akan digunakan untuk iPhone, iPad atau perangkat Apple baru lainnya. Yang jelas display ini diperuntukkan untuk sebuah perangkat elektronik.

Dalam paten ini juga ditemukan ilustrasi yang menunjukkan wujud perangkat layar lipat tersebut dengan beberapa konfigurasi desain. Salah satu figur menunjukkan perangkat yang dilipat dengan satu engsel yang berada di tengah layar, mirip dengan desain galaxy Fold.




Tapi ada juga ilustrasi lainnya yang menunjukkan display yang lebih fleksibel serta bisa dilipat di sisi kiri dan kanan membentuk huruf 'G' dan 'S'. Mekanismenya kurang lebih sama dengan prototipe ponsel layar lipat buatan Xiaomi.

Bocoran Paten Tampilkan Wujud Perangkat Layar Lipat AppleFoto: Patently Apple


Patut diingat bahwa adanya paten bukan berarti perangkat tersebut akan benar-benar diproduksi oleh Apple. Tapi, tentu saja paten ini menarik karena kita bisa melihat visi Apple tentang perangkat layar lipatnya.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed