Jumat, 31 Mei 2019 15:02 WIB

Huawei Mate 20 Pro Kembali Masuk Program Beta Android Q

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Beberapa waktu yang lalu Huawei Mate 20 Pro, yang merupakan salah satu smartphone yang mengikuti program beta Android Q, tiba-tiba menghilang dari daftar tersebut.

Hal ini tak lepas dari kebijakan pemerintah Amerika Serikat yang membatasi bisnis Huawei dengan perusahaan AS tanpa seizin pemerintah. Buntutnya, Google pun membatasi akses Huawei terhadap sistem operasi Android.




Tapi sepertinya Mate 20 Pro kini telah kembali masuk ke dalam daftar tersebut. Hal ini dapat dilihat dari situs Android Developer yang menampilkan Mate 20 Pro bersama smartphone lainnya yang juga masuk dalam program ini seperti LG G8, Xiaomi Mi 9, Oppo Reno, dan Realme 3 Pro.

Dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (31/5/2019), kembalinya Mate 20 Pro ke dalam daftar tersebut sepertinya dikarenakan lisensi umum 90 hari yang diberikan pemerintah AS kepada Huawei. Lisensi umum ini juga yang bisa membuat Huawei kembali menjadi anggota SD Association dan Wi-Fi Alliance.

Ini tentu merupakan berita bagus bagi pemilik Mate 20 Pro. Ini tidak hanya mengindikasikan bahwa program ini tetap berjalan tapi smartphone Huawei saat ini mungkin akan mendapatkan update untuk Android Q.




Pun demikian, untuk seri Mate 30 yang baru akan meluncur pada akhir tahun ini diperkirakan tidak akan lagi menggunakan sistem operasi Android. Sepertinya seri Mate 30 akan menggunakan sistem operasi buatan Huawei yang telah dikembangkan sebagai alternatif dari Android.


(vim/krs)