Kamis, 30 Mei 2019 22:11 WIB

Computex 2019

MediaTek Pamer Chipset 5G, Ini Kehebatannya

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Dok. MediaTek Foto: Dok. MediaTek
Jakarta - MediaTek sepertinya tidak mau kalah langkah dari Qualcomm yang telah merilis chipset 5G lebih dulu. Karenanya di perhelatan Computex 2019 yang berlangsung di Taipei, mereka memperkenalkan System-on-chip (SoC) 5G pertamanya.

SoC 5G ini punyanya fabrikasi 7nm. Lebih menariknya lagi mengusung arsitektur ARM terbaru yang belum lama diperkenalkan, yakni Cortex-A77 CPU dan Mali-G77 GPU.

Di dalam SoC 5G Mediatek tersemat modem Helio M70 yang mendukung jaringan 5G NR sub5-6GHz standalone dan non-standalone(SA/NSA). Alhasil mendukung konektivitas dari 2G hingga 4G guna menjembatani akses ke jaringan yang sudah ada sementara jaringan 5G sedang dibangun di seluruh dunia.


Helio M70 menyuguhkan kecepatan download hingga 4,2 Gbps. Sementara upload 2,5 Gbps. Selain itu punya kemampuan penghematan daya secara cerdas dan pengelolaan daya komprehensif sehingga memperpanjang daya baterai.

MediaTek SoC 5G dilengkapi AI processing unit terbaru. Mendukung lebih banyak aplikasi AI tingkat tinggi, termasuk untuk pencitraan seperti de-blur, memungkinkan pengguna mendapatkan foto terbaik bahkan ketika subyek foto bergerak cepat.

MediaTek Pamer Chipset 5G, Ini KehebatannyaFoto: Dok. MediaTek

Disebutkan pula SoC ini mendukung encode/decode video 4K pada 60fps. Tak kalah menariknya MediaTek memberikan kamera resolusi super tinggi hingga 80MP.

MediaTek mengaku sudah mulai bekerja dengan para operator selular terkemuka, pembuat perangkat dan pemasok terkait melakukan verifikasi akan kesiapan pasar untuk teknologi 5Gnya di mobile, smart home dan mobil cerdas.

"Industri, OEM, dan konsumen memiliki harapan tinggi dari 5G. Kami yakin perangkat-perangkat yang ditenagai chipset 5G MediaTek, dengan arsitekturnya yang canggih, fitur-fitur pencitraan terkemuka, AI hebat dan kecepatan 5G ultra-cepat, akan menghasilkan berbagai pengalaman yang luar biasa," kata Joe Chen, President, MediaTek. (asj/asj)