Selasa, 28 Mei 2019 14:22 WIB

iPhone Anyar Bakal Punya Fitur Dual Bluetooth Audio?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: OnLeaks x CashKaro Foto: OnLeaks x CashKaro
Jakarta - iPhone anyar yang akan meluncur tahun ini disebut akan memiliki fitur dual Bluetooth audio. Fitur ini memungkinkan iPhone untuk terhubung dengan dua earphone Bluetooth dalam waktu yang bersamaan.

Bocoran ini datang dari blog Mac Otakara yang mendapatkan informasi dari salah satu pemasok Apple di Asia. Dilansir detikINET dari Mac Rumors, Selasa (28/5/2019), fitur ini mirip dengan fitur Dual Audio yang pertama diperkenalkan Samsung di Galaxy S8 dan Galaxy S8+.




iPhone memang bisa dihubungkan ke beberapa perangkat Bluetooth sekaligus seperti Apple Watch, speaker atau Apple Airpods. Tapi untuk mengirimkan audio lewat Bluetooth saat ini hanya bisa dilakukan dengan satu perangkat Bluetooth.

Dengan fitur baru ini, iPhone bisa terhubung dengan dua earphone wireless secara bersamaan, misalnya Airpods dan Beats Powerbeats Pro. Pengguna iPhone pun nantinya bisa mendengarkan lagu dari satu iPhone bersama seorang temannya tanpa harus berbagi earphone.

Tidak hanya itu, Mac Otakara juga mengatakan fitur ini bisa digunakan untuk menghubungkan iPhone dengan sistem audio Bluetooth di mobil dan earphone wireless. Jadi, perintah arah dari GPS bisa dikirimkan ke sistem audio di mobil sekaligus ke earphone dalam waktu bersamaan.

Mac Otakara tidak mengatakan iPhone mana saja yang akan mendapatkan fitur ini. Tapi sepertinya fitur ini tidak akan ekslusif hanya untuk seri iPhone 11.




Fitur ini merupakan bentuk implementasi dari Bluetooth 5.0 yang juga digunakan oleh beberapa iPhone lawas seperti iPhone X dan iPhone 8. Jadi kemungkinan fitur ini juga akan mampir ke seri iPhone lama tersebut.

Jika rumor ini benar adanya, maka ini bukan satu-satunya fitur iPhone yang meniru fitur yang ada di smartphone buatan Samsung. iPhone 11 sebelumnya dirumorkan akan memiliki fitur reverse wireless charging, yang pertama kali diperkenalkan Samsung di seri Galaxy S10.


(vim/krs)