Rabu, 22 Mei 2019 03:17 WIB

Waduh, Ada Laporan Pixel 3a dan 3a XL Suka Mati Sendiri

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/inet Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Sejumlah pengguna mengeluhkan Pixel 3a dan Pixel 3a XL, ponsel jagoan Google yang diluncurkan dua pekan lalu dan mendapat perhatian karena speknya yang oke dengan harga relatif ramah kantong.

Keluhan tersebut disampaikan pengguna lewat forum Reddit dan halaman dukungan Google, seperti dikutip dari Engadget, Rabu (22/5/2019). Mereka mengklaim perangkat Pixel 3a dan 3a XL mati tiba-tiba pada beberapa kesempatan.




Dari keluhan para pengguna itu terindikasi bahwa masalah pada Pixel anyar ini benar-benar terjadi secara acak, tanpa pola yang jelas semisal waktu maupun skenario penggunaan tertentu.

Menurut sejumlah laporan pengguna, ketika masalah itu terjadi maka cara untuk menyalakan kembali ponselnya hanyalah dengan hard reboot dan terkadang sampai harus menekan tombol power selama 30 detik agar Pixel 3a dan 3a XL menyala lagi.

Tidak jelas apa sebenarnya yang terjadi pada Pixel 3a dan 3a XL yang dipegang oleh pengguna ini. Sejauh ini belum ada indikasi yang bisa menyebabkan masalah ponsel langsung shutdown otomatis secara acak.




Android Police mengatakan berbagai cara dilakukan, termasuk mencoba me-reboot ponsel mereka dalam kondisi safe mode guna memastikan tidak ada aplikasi ketiga yang jadi pemicu. Tetapi shutdown tetap terjadi sehingga mengindikasikan persoalannya ada di software ponsel.

Untuk saat ini, Google belum memberi tanggapan terkait persoalan yang dihadapi smartphone anyar mereka. Kasus yang melibatkan Pixel bukan pertama kalinya, sebelumnya ada permasalahan mikrofon sampai kesulitan menyimpan foto pengguna.


(agt/krs)