Senin, 20 Mei 2019 18:46 WIB

Jaminan Huawei ke Pengguna Terkait Lisensi Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Gettyimages Foto: Gettyimages
Jakarta - Google baru saja menarik lisensi Android milik Huawei sebagai respons dari sejumlah larangan yang diterapkan oleh pemerintah AS terhadap perusahaan China tersebut. Kini, Huawei telah memberikan tanggapan resminya terhadap kebijakan Google tersebut.

Dalam keterangan resmi yang juga diterima detikINET, Senin (20/5/2019), Huawei menjamin pengguna smartphone dan tablet Huawei yang sudah rilis, maupun yang masih sebagai stok, akan terus mendapat penbaruan. Jaminan ini juga mencakup smartphone Honor yang merupakan sub-brand Huawei.




Berikut pernyaataan lengkap Huawei seputar hal tersebut:

Huawei telah memberikan kontribusi yang substansial untuk pengembangan dan pertumbuhan Android di seluruh dunia. Sebagai salah satu mitra global utama Android, kami telah bekerjasama dengan sangat erat dengan platform open-source mereka untuk mengembangkan ekosistem yang bermanfaat bagi pengguna dan industri.

Huawei akan terus memberikan pembaruan keamanan dan layanan purna jual untuk semua produk smartphone dan tablet Huawei dan Honor yang ada yang mencakup yang telah dijual atau yang masih ada sebagai stok secara global.

Kami akan terus membangun ekosistem perangkat lunak yang aman dan berkelanjutan, untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna secara global.




Google akan membatasi akses Huawei ke Android, dengan mencabut lisensi komersial penggunaan sistem operasi tersebut. Ada dugaan bahwa hal itu pada akhirnya bakal membuat smartphone dan tablet anyar Huawei di masa depan cuma bisa memakai lisensi open source di ranah publik alias Android Open Source Project (AOSP).

Masih ada sejumlah pertanyaan lebih lanjut tentang detil dari langkah Google tersebut. Google sendiri kabarnya masih akan membahas secara terperinci mengenai layanan apa saja yang terdampak pada Huawei.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed