Senin, 20 Mei 2019 06:12 WIB

Pendiri Xiaomi: Kami Beda dari Vendor Ponsel Lain

Fino Yurio Kristo - detikInet
Lei Jun. Foto: REUTERS/Jason Lee Lei Jun. Foto: REUTERS/Jason Lee
Jakarta - Pendiri Xiaomi, Lei Jun, membicarakan kembali soal strategi. Ia sesumbar bahwa perusahaannya beda dari vendor ponsel lain dan juga lebih efisien.

"Kami adalah brand yang muda dan kami perlu belajar dari perusahaan seperti Samsung dan Apple. Ketika kami memasuki bisnis sekitar 9 tahun silam, tujuan kami adalah tidak hanya membuat ponsel yang bagus, tapi juga membuatnya terjangkau," sebut Lei dalam wawancara dengan Times of India yang dikutip detikINET.

"Inilah bagaimana kami berbeda dari pembuat smartphone yang lain. Kami menjual dalam jumlah besar untuk membuat perangkat terjangkau dan mengembangkan e-commerce dan internet untuk memicu efisiensi operasional. Manufaktur lain tidak seefisien kami dalam hal operasional," tambahnya.



Bahkan Lei merasa menjual ponselnya terlalu murah. Itulah mengapa Xiaomi juga menggeber bisnis lain untuk meningkatkan pendapatan.

"Sebelum kami berjualan saham tahun lalu, kami mengatakan margin hardware tak lebih dari 5%. Jika lebih, kami akan mengembalikannya ke konsumen. Namun tahun lalu, pendapatan bersih dari hardware kurang dari 1% bagi kami,"paparnya.

"Hal itu sangat berat, sangat sulit mengoperasikan perusahaan seperti ini. Di sisi lain, pendapatan bersih dari layanan internet adalah USD 2,5 miliar tahun silam, sangat baik," lanjutnya.

Lei bahkan memperkirakan Xiaomi akan masuk dalam perusahaan besar di Fortune 500. "Ada kesempatan signifikan bahwa kami mungkin akan masuk perusahaan Fortune 500 tahun ini. Jika begitu, akan menjadi yang tercepat di dunia, hanya dalam 9 tahun," klaim dia.




Simak juga video Mempreteli Xiaomi Redmi Note 7:

[Gambas:Video 20detik]


Pendiri Xiaomi: Kami Beda dari Vendor Ponsel Lain
(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed