Jumat, 17 Mei 2019 14:47 WIB

Pixel 4 Tak Dilengkapi Tombol Fisik, Google?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: Istimewa Ilustrasi. Foto: Istimewa
Jakarta - Pixel 4 dan 4 XL mungkin baru dilucurkan beberapa bulan mendatang, namun kini muncul bocoran terbaru soal perubahan besar-besaran yang ada di ponsel Google tersebut.

Menurut seorang YouTuber bernama Jon Prosser, Pixel 4 dan 4 XL tak akan menggunakan tombol fisik, alias menggunakan rangka aluminum tenpa cela. Tombol fisik itu -- tombol power dan volume -- akan digantikan dengan fitur tombol sentuh kapasitif.

Belum diketahui alasan dari perubahan besar ini, namun kemungkinan ada hubungannya dengan fitur yang sudah ada saat ini. Fitur yang dimaksud adalah fitur Active Edge yang bisa dipakai untuk mengaktifkan Assistant dengan meremas ponsel.


Keberadaan fitur tersebut di Pixel 3 mempunyai keterbatasan karena masih dikombinasikan dengan tombol fisik. Jika tombol fisik itu diganti dengan tombol kapasitif, Google bisa memperluas fitur tombol kapasitif ini ke seluruh sisi ponsel.

Kabar ini memang masih berupa rumor, namun sebaga informasi, sebelum Pixel 3 dan 3 XL dirilis, Prosser juga mengeluarkan sejumlah bocoran -- yang kemudian diketahui akurat -- mengenai ponsel tersebut.

Prosser juga pernah mengkonfirmasi keberadaan Pixel 3a dan 3a XL sebelum ada orang lain yang mengeluarkan konfirmasi semacam itu. Jadi bisa dibilang Prosser adalah orang yang cukup terpercaya terkait bocoran ponsel buatan Google itu.

Sumber Prosser sebelumnya juga menyebut kalau Pixel 4 akan mempunyai kamera depan di bawah layar, seperti yang dilakukan Samsung di Galaxy S10. hal ini mempunyai layar Pixel 4 tak mempunyai notch.

Selain itu, layar Pixel 4 menurutnya akan dilengkapi bezel yang sangat tipis, namun tetap bisa mempunyai speaker stereo menghadap depan. Lalu soal sensor sidik jari, Google disebut akan mengganti sensor sidik jari di bagian belakang ponsel, namun belum diketahui sensor sidik jari itu akan dipindah ke mana.



Simak juga video Kelahiran Teknologi Mutakhir di Google I/O 2019:

[Gambas:Video 20detik]

(asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed