Selasa, 14 Mei 2019 17:09 WIB

Lenovo Pamer Laptop Layar Lipat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa/Slash Gear Foto: Istimewa/Slash Gear
Jakarta - Ponsel dengan layar lipat digadang-gadang bakal menjadi wajah baru ponsel di masa yang akan datang. Lenovo tak mau kalah dan malah sudah memamerkan laptop dengan layar lipat.

Laptop prototipe ini masuk dalam lini ThinkPad Lenovo, dan mereka mengaku sudah mengembangkan perangkat ini sejak tiga tahun ke belakang dan berencana meluncurkannya pada 2020 mendatang sebagai bagian dari seri premium ThinkPad X1.

Meski terlihat seperti sebuah tablet, tujuan Lenovo dengan perangkat ini adalah sebagai perangkat di kelas laptop, bukan aksesoris, ataupun komputer kedua atau sekunder, seperti peran sebuah tablet.

Perangkat ini punya layar OLED 13,3 inch dengan rasio layar 4:3 dan punya resolusi 2K. Saat dilipat, dimensinya tak lebih besar dari ukuran buku rata-rata dan jauh lebih kecil dari kebanyakan laptop yang ada di pasaran, begitu juga beratnya yang diklaim Lenovo tak sampai 2 pon atau hanya 0,9 Kg.




Soal cara penggunaan, visi Lenovo untuk perangkat ini adalah bisa digunakan dengan terbuka penuh layaknya sebuah tablet besar, atau dilipat sebagian layaknya sebuah buku. Perangkat ini juga dilengkapi kickstand untuk dioperasikan sebagai laptop dengan keyboard dan trackpad wireless yang disertakan.

Lenovo belum mengungkap spesifikasi untuk perangkat ini, namun yang jelas sistem operasinya adalah Windows dan menggunakan prosesor dari Intel. Tak ada informasi mengenai kapasitas RAM, daya tahan baterai, dan lainnya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (14/5/2019).

Namun perlu diingat juga, saat ini perangkat layar lipat masih berada pada tahap sangat awal, dan masih mempunyai masalah. Contohnya yang dialami oleh Samsung Galaxy Fold, dan Lenovo mengaku akan berusaha agar masalah tersebut tak terjadi di laptop layar lipat buatannya ini.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed