Sabtu, 11 Mei 2019 10:21 WIB

Paten Terbaru Samsung: Ponsel Layar Lipat Bentuk Balok

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: GettyImages/Spencer Platt Foto: GettyImages/Spencer Platt
Jakarta - Samsung dilaporkan telah mendaftarkan paten baru mengenai desain ponsel layar lipatnya. Menariknya, desainnya terbilang sangat tidak biasa jika tolok ukurnya adalah smartphone layar lipat saat ini.

Ketika dalam posisi terbuka, layarnya tampak memiliki bezel yang sangat tipis. Satu yang menarik, tampak tidak ada lensa yang menjadi kamera depan pada perangkat tersebut.




Walau demikian, bukan itu keanehan yang dimiliki oleh calon ponsel layar lipat Samsung itu -- kalau memang akan dibuat. Perangkat ini memiliki tiga titik lipat, yang begitu dilipat secara sempurna maka bentuknya akan seperti balok. Seluruh layarnya berada di sisi luar.

Uniknya lagi, dari paten ini terlihat ada semacam penopang berbentuk trapezoid, atau persegi empat tanpa ada sisi yang sejajar, sebanyak empat buah. Jadi, ketika perangkat dilipat sepenuhnya masing-masing penampang itu akan bertemu satu sama lain sehingga memberi kesan kokoh pada ponsel layar lipat itu.

Menariknya, tiap-tiap trapezoid itu memiliki perannya masing-masing. Ada yang menjadi tempat untuk speaker, tombol power, port USB Type-C, dan ada satu yang polos, walau mungkin bisa diletakkan jack audio 3.5mm di sana, sebagaimana detikINET kutip dari Phone Arena. Situs Belanda Let's Go Digital pun memunculkan bentuk paten tersebut.

Paten Terbaru Samsung: Ponsel Layar Lipat Bentuk BalokFoto: Dok. LetsGoDigital

Eits, sebelum kamu menyiapkan cemoohan untuk desain perangkat ini, Samsung punya penjelasan mengenai patennya ini. Menurut perusahaan asal Korea Selatan ini, ponsel layar lipat ini bisa juga berfungsi sebagai layar pintar.

Disebutkan juga bahwa ketika dilipat secara sempurna, maka bagian-bagian layarnya itu akan menampilkan hal-hal berbeda. Ada yang memunculkan notifikasi, ada juga yang menampilkan waktu dan tanggal.




Sebelumnya, Samsung sempat dilaporkan tengah menyiapkan dua ponsel layar lipat berikutnya sebagai penerus dari Galaxy Fold. Keduanya disebut bakal memiliki ukuran yang lebih besar dengan desain yang disebut G-type dan S-type.

Menarik untuk ditunggu perangkat mana yang akan diproduksi oleh Samsung. Jika pilihannya jatuh pada paten yang satu ini, maka siap-siap kalau bakal ada meme yang menyamakannya dengan cetakan es, atau mungkin cokelat Toblerone.


(mon/krs)