Kamis, 09 Mei 2019 12:52 WIB

Penampakan Wujud Ponsel Tak Berponi dalam Paten Huawei

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto ilustrasi ponsel Huawei. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) Foto ilustrasi ponsel Huawei. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Notch, alias poni, pada layar masih menjadi tren untuk ponsel keluaran kekinian. Namun, Huawei punya paten desain baru guna membuat ponsel tanpa poni. Seperti apa?

Ada beberapa cara yang dipakai sejumlah pabrikan untuk menghilangkan poni di layarnya. Seperti kamera pop-up sampai menyembunyikan kamera depan di bawah layar sehingga layarnya tampak berlubang.

Tetapi Huawei punya trik lain untuk menghilangkan notch, yaitu membuat bagian atas ponsel melengkung ke luar dan menyimpan kamera depan dan bermacam sensor pada bagian yang melengkung itu. Dengan cara ini, desain layar ponsel bisa tetap rata tanpa notch pada bagian atasnya.

Huawei Punya Paten Baru untuk Notch Ponsel, Seperti Apa?Foto: Istimewa




Desain Huawei ini jelas lebih masuk akal dan terlihat normal dibanding paten yang didaftarkan Xiaomi beberapa waktu lalu. Xiaomi saat itu menganut trik yang sama, namun bukan berbentuk lengkungan, melainkan bentuknya tetap seperti notch namun menghadap ke luar, yang terlihat sangat aneh.

Huawei Punya Paten Baru untuk Notch Ponsel, Seperti Apa?Foto: Istimewa

Namun desain ini, baik milik Huawei maupun Xiaomi, tetaplah masih berupa paten. Tak ada jaminan kalau kedua pabrikan asal China itu akan menerapkan paten ini di produk yang akan diedarkan secara massal, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (9/5/2019).




(asj/krs)