Kamis, 09 Mei 2019 12:02 WIB

Kamera Ponsel 64 Megapixel Hadir Tahun Ini

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi. Foto: GettyImages Ilustrasi. Foto: GettyImages
Jakarta - Samsung mengumumkan sensor image terbarunya untuk ponsel dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan yang ada di pasaran saat ini.

ISOCELL Bright GW1 adalah sensor 64 megapixel yang menggunakan 0.8μm-sized pixel yang sama dengan komponen yang ada di kamera 48 megapixel saat ini. Artinya, secara fisik ini akan jadi sensor yang lebih besar yang bisa menangkap lebih banyak cahaya.

Bright GW1 akan memproduksi foto 16 megapixel dengan menggabungkan 4 pixel menjadi satu, seperti sensor 48 megapixel yang ada saat ini, menjadi foto 12 megapixel secara default.




Dikutip dari The Verge, Kamis (9/5/2019), sensor terbaru Samsung ini juga akan bisa menguraikan filter warna untuk resolusi penuh 64 megapixel dalam kondisi cahaya yang bagus. Perusahaan asal Korea Selatan itu juga mengumumkan kemampuan kamera 48 megapixel-nya yang diperbarui dan menawarkan fitur serupa.

Untuk diketahui, kamera 48 megapixel saat ini umum ditemui di ponsel Samsung, Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi dan lainnya. Samsung berharap sensor 64 megapixel yang dikembangkannya segera memasuki tahap produksi massal pada pertengahan kedua tahun ini.




Jadi, bukan hal mengejutkan ketika kita melihat fitur ini nantinya ada di flagship teranyar Samsung yang dirilis jelang akhir 2018, terutama jika Sony sebagai pemimpin di pasar sensor image mengikutinya.


(rns/krs)