Kamis, 09 Mei 2019 03:35 WIB

Orang Indonesia Habiskan 14 Hari Saat Cari Smartphone Baru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Survei membuktikan, orang Indonesia butuh sekitar 14 hari saat hendak mencari smartphone baru. Waktu itu digunakan untuk melakukan sejumlah hal.

Hal itu merujuk pada hasil survei Smartphone Insights 2019 yang dilakukan oleh Google. Survei ini dilakukan secara online dengan 2.230 responden yang baru saja membeli smartphone dalam tiga bulan terakhir.

"Biasanya mereka start with search. Misalnya cari 'handphone murah' atau 'smartphone terbaik 2018' itu di day 1," kata Senior Industry Analyst Google Indonesia,Yudistira Nugroho di kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (8/5/2019).

Setelah itu, proses pertimbangan dihabiskan dengan riset hingga hari ke-13. Riset ini dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan membandingkan spesifikasi, melihat review, mencari promosi hingga mencoba smartphone-nya langsung ke toko.




Menurut Director Marketing Erajaya Group Djatmiko Wardoyo, hal itu sendiri tidak tercermin langsung di perilaku konsumen dan pasar di lapangan. Padahal semakin lama mempertimbangkan ini-itu, pilihan merek dan tipe lain bisa bermunculan pula.

"Kalau orang Indonesia harus mempertimbangkan 14 hari untuk memutuskan beli smartphone, dia tidak akan pernah beli smartphone. Kalau ditunda pasti tidak kejadian," kata pria yang biasa disapa Koko ini dalam kesempatan yang sama.

"Karena dalam 14 hari sudah ada 3-5 produk lagi yang di-launch, dia akan tambah pusing lagi, bingung lagi," pungkasnya.

Orang Indonesia Habiskan 14 Hari Saat Cari Smartphone BaruFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed