Jumat, 03 Mei 2019 16:34 WIB

Ada Kabar Huawei Bikin TV 8K 5G

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Huawei disebut tengah mengembangkan sebuah televisi yang dilengkapi koneksi 5G dan resolusi 8K. Seperti apa?

Rumor ini pertama diungkap oleh Nikkei Asian Review, yang mendapat informasinya dari seorang sumber yang mengetahui rencana-rencana Huawei. Jika rumor itu benar, mungkin ini bakal menjadi TV pertama yang menggabungkan teknologi resolusi 8K dengan koneksi 5G.

Bagi Huawei pun ini bakal menjadi TV pertamanya yang benar-benar mereka buat sendiri. Sebelumnya mereka menjadi penyuplai komponen untuk pembuat TV lain asal China, seperti Hisense, Skyworth, dan Changhong.




Koneksi 5G yang ada di TV ini kabarnya tak cuma bisa dipakai untuk mengunduh konten-konten ke TV, melainkan juga bisa dipakai untuk membagikan koneksi gigabit tersebut ke perangkat lain layaknya sebuah router wireless.

Menurut sumber Nikkei itu, niat Huawei untuk membuat TV ini untuk melengkapi ekosistem produknya yang saat ini sudah ada, seperti ponsel, laptop dan wearable.

Jika benar TV ini punya resolusi 8K, tentu harganya akan sangat mahal seperti yang sudah dirilis oleh pabrikan lain. Samsung dan Sony, yang TV 8Knya dijual dengan harga kisaran USD 70 ribu.


(asj/krs)