Selasa, 30 Apr 2019 13:39 WIB

Google: Pixel Sulit Laku karena Persaingan Terlalu Ketat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Google punya sebuah alasan untuk merilis ponsel kelas menengah, yaitu kompetisi di kelas atas terlalu tinggi sehingga penjualan Pixel 3 tak terlalu bagus.

Di ajang Google I/O 2019 Mei mendatang, Google diperkirakan bakal merilis Pixel 3a dan 3a XL yang harganya lebih murah ketimbang Pixel 3 dan 3 XL. Chief Financial Officer Alphabet Ruth Porat mengakui adanya tekanan yang terlalu kuat di tingkat ponsel flagship.

Hal itu menyebabkan penjualan Pixel 3 lebih rendah pada kuartal terakhir dibanding tahun sebelumnya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (30/4/2019).




Porat memang tak menjelaskan tekanan seperti apa yang dihadapi, namun bisa diasumsikan yang dimaksud adalah persaingan ketat dari Apple dan Samsung. Juga harga mahal yang menurunkan minat konsumen, serta pengguna ponsel yang memperpanjang masa pakai ponselnya lebih dari setahun.

Pada kesempatan yang lain, CEO Google Sundar Pichai mendapat tekanan dari para investor, di mana mereka mempertanyakan apakah mereka perlu mengkhawatirkan divisi hardware Google karena tak mempunyai dampak besar pada pemasukan Google, yang sebenarnya masih sangat bergantung pada bisnis iklannya.




Salah seorang analis malah membandingkan lini Pixel dengan bisnis ponsel Microsoft yang gagal total.

Google memang tak memaparkan pemasukannya dari bisnis hardwarenya dalam laporan pemasukan kuartalnya yang terbaru. Namun segmen ini disebut tetap tumbuh meskipun adanya masalah di jumlah penjualan ponsel, yang mendapat pemasukan nyaris USD 5,5 miliar pada kuartal ini.

Namun pemasukan yang tinggi itu bisa saja karena peningkatan jumlah penjualan pada perangkat laptop, Chromecast, Google Home, Nest, dan bermacam perangkat lain yang dijual Google.



(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed